oleh

Daya Tarik Situ Lengkong Desa Panjalu yang Sarat akan Sejarah dan Nilai Religi

Buletin Indonesia News.com

CIAMIS, Jabar – Salah satu wisata yang ada di Ciamis adalah Situ Lengkong yang terletak di Desa Panjalu, Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis.

Disana sobat akan dimanjakan dengan danau yang memiliki nilai eksotis, ditambah dengan rindangnya pulau kecil yang ada di tengahnya. Pulau itu juga berciri khas keberadaan faunanya yaitu kalong (Pteropus vampyrus) yang terlihat sering bergelantungan di dahan pepohonan tinggi.

Seperti yang telah diketahui, wisata yang ada di Ciamis ini sarat akan sejarah Kerajaan Panjalu. Sebagaimana yang telah dikatakan oleh Munoz (2006) dalam Wikipedia, bahwa Kerajaan Panjalu Ciamis adalah penerus Kerajaan Panjalu Kediri yang berasal dari Jawa Timur. Karena setelah Maharaja Kertajaya Raja Panjalu Kediri tewas di tangan Ken Arok pada 1222, sisa-sisa keluarga pengikut Maharaja Kertajaya itu melarikan diri ke kawasan Panjalu Ciamis.

Itulah alasan mengapa kedua kerajaan ini memiliki nama yang sama. Karena Kerajaan Panjalu Ciamis merupakan penerus dari peradaban Kerajaan Panjalu Kediri.

Luas dari Situ Lengkong berkisar 57,95 hektar dengan pulau yang ada di tengahnya. Pulau tersebut dinamakan Nusa Gede dan mempunyai luas 9,25 hektar dan digunakan untuk melindungi peninggalan purba.

Walau pun sudah lama ditinggalkan, keberadaan situ ini tidak dapat dipisahkan dengan sejarah leluhur. Maka dari itu, masyarakat Panjalu masih sering mengadakan upacara nyangku untuk mengenang leluhur mereka.

Yang menjadi daya tarik dari tempat ini adalah adanya Nusa Gede yang merupakan hutan lindung dengan makam seorang penyegar agama Islam di daerah Panjalu, yaitu Mbah Panjalu. Selain itu, ada pula makam Hariang Kencana dan Prabu Sanghiang Borongsora yang merupakan leluhur warga Panjalu.

Di hutan tersebut juga terdapat 30 jenis tumbuhan dengan jumlah 307 pohon yang rindang. Adapun jenis flora yang ada disana diantaranya Kondang (Ficus Variegate), Kileho (Sauraula Sp), dan Kihaji (Dysoxylum). Sedangkan di bagian pulau yang lebih rendah, ditumbuhi tanaman Rotan (Calamus Sp), Tepus (Zingiberaceae), dan Langkap (Arenga).

Terakhir, berbagai macam fasilitas yang disediakan di Situ Lengkong Panjalu antara lain : tempat parkir, perahu, MCK dan masjid. Selain itu,di sekitar danau juga banyak dijual cinderamata dari bambu, aneka bordir unik, gelang kayu, terasi udang asli, makanan tradisional Sunda dan banyak oleh-oleh khas Ciamis lainnya.