oleh

Dedi Corbuzier Sentil KPI Terkait Fajar Anak Dibawah Umur

Buletin Indonesia News.com

CIAMIS, Jabar – Deddy Corbuzier membuat video terkait Fajar Sadboy yang tengah viral di kalangan masyarakat Indonesia saat ini.

Namun, yang dipermasalahkan bukan Fajar, tetapi ia mempertanyakan kinerja dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Karena setelah Fajar viral di media sosial, dirinya diundang ke acara televisi berkali-kali.

“Pertanyaan saya, bukan masalah Fajar diundang ke sini apa enggak, bukan masalah Fajar ada di sosial media apa enggak, bukan masalah Fajar nangis-nangis beneran apa enggak, bikin quotes, mau pacaran umur 15 tahun, bukan itu. Pemasalahannya adalah dia pada saat ada TV, mana KPI?” ucap Deddy dikutip dari unggahan video Tiktoknya, Rabu (18/1/2023).

Deddy mengatakan, Fajar Sadboy bebas berkeliaran di berbagai program acara televisi. Sementara KPI tidak melarang Fajar Sadboy yang masih dibawah umur tersebut tampil di televesi berkali-kali.

“Permasalahannya adalah, dia pada saat ada di TV. Ya, ada di TV, mana KPI?” tutur Deddy.

Teguran Deddy terhadap KPI tersebut karenan ia pernah ditegur oleh KPI saat memandu acara televisi dan mengundang anak kecil.

“Saya pernah di Hitam Putih ngundang anak kecil, kena KPI, kena saya. Pertanyaannya, sekarang, ketika Fajar Sadboy dan mantannya, usia di bawah umur, masuk ke dalam TV, mana KPI-nya?” ujarnya.

Deddy menjelaskan, menurutnya KPI tidak mematuhi pasal 29 yang melarang anak dibawah umur 18 tahun diwawancarai di luar kapasitasnya. Mengingat banyak acara televisi yang mewawancarai Fajar Sadboy.

Padahal kalau kita ngerujuk pada pasal 29 peraturan KPI tentang Pedoman Perilaku Penyiaran, disebutkan bahwa lembaga penyiaran tidak boleh mewawancarai anak-anak di bawah umur 18 tahun di luar kapasitas mereka serta wajib mempertimbangkan keamanan dan masa depan mereka,” kata Deddy.

Deddy berkali-kali mempertanyakan keberadaan dan kinerja KPI karena membiarkan Fajar Sadboy yang berusia 15 tahun tersebut sering tampil di televisi.

“Kan katanya Anda melindungi hak anak-anak,” ujar Deddy.