Dekat Lokasi Wisata, Ladang Ganja Ditemukan di Garut

Buletin Indonesia News.com

GARUT, Jabar – Ladang ganja ditemukan tidak jauh dari Kawasan objek wisata Candi Cangkuang di wilayah Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat, pada Selasa (31/01/2023).

Tubagus Agus Sofyan selaku Kepala Bidang SDM Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Garut mengatakan, bahwa menurut informasi yang didapatkan oleh petugas kecamatan. Sebanyak 167 pohon ganja ditemukan di ladang tersebut.

“Ketinggiannya ada yang mencapai 1 hingga 2 meter,” kata Tubagus, Selasa (31/01/2023).

Pohon yang sudah memiliki ketinggian 1 hingga 2 meter tersebut, usianya diperkirakan telah mencapai 1 atau 2 tahun dan ukuran ganja juga sudah terbilang cukup besar. Terdapat juga bibit-bibit pohon ganja yang masih kecil atau baru ditanam beberapa bulan dan terdapat beberapa pohon ganja di ladang tersebut yang sudah dipanen oleh pemiliknya.

“Kabar terakhir yang kami dapat yaitu pohon ganja berikut terduga pemiliknya sudah diamankan oleh kepolisian,” ujar Tubagus.

Tubagus mengaku, penemuan ladang ganja di sekitar Candi Cangkuang dinilai mengagetkan. Karena lokasi ladang ganja tersebut ramai oleh wisatawan.

Tubagus menegaskan, bahwa pihaknya akan melakukan koordinasi dengan seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Garut guna mengantisipasi keterlibatan dengan masyarakat.

“Kami juga akan bekerjasama dengan para pegiat pecinta alam, karena sebelumnya lokasi penemuan berada di Kawasan pegunungan. Maka, saya harap agar tidak muncul kembali ladang ganja di Kabupaten Garut,” tegasnya.

Berdasarkan informasi, pihak kepolisian telah mengamankan seseorang berinisial C yang diduga merupakan penanam ladang ganja tersebut.