Dinas Peternakan Ciamis Gencar Berikan Vaksin Rabies Pada Hewan Peliharaan

Buletin Indonesia News CIAMIS, — Rabies atau umumnya dikenal sebagai penyakit anjing gila adalah penyakit serius yang menyerang otak dan sistem saraf. Penyakit ini digolongkan sebagai penyakit mematikan yang harus ditangani dengan cepat.

Hewan-hewan yang kebiasaannya menularkan virus rabies terdiri dari  anjing, kucing, kera, kelelawar, lembu dan banyak lagi, yang pasti hewan berdarah panas. Demikian diungkapkan Kasi Keswan Dinas Peternakan Kabupaten Ciamis drh Yanti, Kamis (21/09/17).

Kasi Keswan Dinas Peternakan Kabupaten Ciamis drh Yanti

Apalagi kata Yanti, pada tanggal 28 September 2017 merupakan Hari Rabies Dunia yang dirayakan setiap tahun untuk meningkatkan kesadaran masyarakat di seluruh belahan dunia dalam upaya mencegah dan mengalahkan penyakit berbahaya tersebut.

“Sebagai kepedulianya terhadap penyakit rabies Dinas Peternakan Kabupaten Ciamis melakukan vaksin rabies di beberapa tempat selama bulan September.  Setiap hari Kits melakukan vaksin di lima UPTD peternakan, seperti halnya di Desa Darmacaang, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis sudah Kami lakukan,” jelasnya.

Ia menambahkan, sampai saat ini untuk di Kabupaten Ciamis belum di temukan hewan rabies. “Untuk itu, Dinas Peternakan dalam momen ini berusaha  memberikan pengetahuan kepada masyarakat akan pentingnya peran Dokter hewan dalam kehidupan manusia, baik dalam bidang kesehatan, keamanan pangan hingga keanekaragaman hayati serta pentingnya melakukan vaksinasi terhadap hewan peliharaan,”  pungkasnya.

Reporter : Lilis Susilawati/yn

Admin BIN

Tinggalkan Komentar