oleh

Diperiksa Pekan Depan, KPK Minta Lukas Enembe Kooperatif di Pemanggilan Kedua 

Buletin Indonesia News.com

JAKARTA, — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta Gubernur Papua Lukas Enembe dan kuasa hukumnya bersikap kooperatif hadir untuk diperiksa penyidik pada Senin (26/9/2022).

“Informasi yang kami peroleh, benar surat panggilan sebagai tersangka sudah dikirimkan tim penyidik KPK. Pemeriksaan diagendakan Senin, 26 September 2022 di Gedung Merah Putih KPK,” kata Juru Bicara Bidang Penindakan KPK, Ali Fikri dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (22/9/2022).

Adapun sebelumnya KPK juga sudah memanggil Lukas untuk diperiksa sebagai saksi pada Senin (12/9/2022) lalu. Namun, Lukas mengonfirmasi tidak dapat hadir.

Ali berharap pihak Lukas dapat bersikap kooperatif atas panggilan kedua ini. Sebab, KPK bakal memberikan kesempatan Lukas untuk menjelaskan segala keterangannya dihadapan penyidik.

Terlebih, Lukas dan tim kuasa hukumnya belakangan ini membangun narasi bantahan di ruang publik terkait kasus hukum di KPK.

Selain itu, Ia juga mengatakan, langkah menghadirkan tersangka untuk diperiksa tergantung kondisi yang berkembang.

Ali memastikan KPK telah bekerja sesuai dengan prosedur dan ketentuan hukum. Sehingga, hak para tersangka juga telah diberikan secara hukum.