Ditengah Pandemi Corona, TMMD Kodim 0709 Kebumen Menuai Prestasi

Ditengah Pandemi Corona, TMMD Kodim 0709 Kebumen Menuai Prestasi

Buletin Indonesia News,

Kebumen,–  TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung tahap I Tahun 2020 Kodim 0709 Kebumen secara resmi ditutup dengan ditandai penyerahan hasil pekerjaan dari Dandim 0709/Kebumen Letkol Kav MS. Prawira Negara. M. SE, MM, kepada Bupati Kebumen KH. Yazid Mahfudz bertempat di aula Makodim 0709/Kebumen Jalan Merak No. 1 Panjer-Kebumen. Selasa (14/4/20) kemarin.

Acara penyerahan yang ditandai penandatanganan naskah serah terima oleh Dandim 0709/Kebumen dan Bupati Kebumen itu berlangsung tertib dan lancar. Di tempat yang sama Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz juga melaksanakan penandatanganan prasasti TMMD sebagai tanda peresmian hasil kegiatan TMMD. Kegiatan yang dimulai sejak 16 Maret 2020 itu, digelar dengan dua sasaran, yakni sasaran fisik dan sasaran non fisik.

Menurut Dandim 0709/Kebumen, sasaran fisik terdiri dari pembangunan jalan rabat beton dengan volume panjang 997,68 meter, lebar 2,5 meter dan tebal 0,15 meter dengan hasil 100 %. Selain sasaran fisik utama tadi, Satgas TMMD yang dipimpin Peltu Harianto juga mendapat sasaran tambahan pembuatan talud sepanjang 20 meter dengan tinggi 3 meter dan lebar 0,30 meter. Dalam kegiatan itu Dandim menjelaskan ada lima renovasi rumah tidak layak huni (RTLH) yang semuanya hasil 100%.

Dalam sambutannya Dandim 0709/Kebumen Letkol Kav MS. Prawira Negara, M. SE, MM, mengatakan, “Sebagai insan yang bertakwa, marilah kita senantiasa memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas limpahan rahmat, taufik dan ridho – Nya, kita masih diberikan kekuatan dan kesehatan, sehingga dapat hadir untuk mengikuti Acara Penyerahan Hasil TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap I TA. 2020 dengan penuh kebersamaan serta dilandasi semangat gotong- royong. 

TMMD Sengkuyung Tahap I tahun ini mengambil tema “TMMD Pengabdian Untuk Negeri.” Makna yang terkandung dari tema tersebut adalah bahwa TNI bersama dengan Pemerintah Daerah dan masyarakat secara bersama-sama melaksanakan percepatan pembangunan terhadap fasilitas umum dan fasilitas sosial untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ditengah merebaknya wabah virus corona (Covid-19) TMMD Sengkuyung Tahap I ini tetap kita laksanakan sebagai wujud nyata pengabdian yang merupakan program kerja sama yang terpadu dan berkelanjutan antara TNI, Polri, Kementerian/Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) yang bersinergi dengan program masing-masing instansi untuk membantu meningkatkan percepatan pembangunan di wilayah Kabupaten Kebumen.

Pada kesempatan yang baik ini saya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kegiatan TMMD sengkuyung tahap I baik secara moril maupun materiil selama 30 hari, sehingga dapat terselenggara dengan baik, aman dan lancar sesuai dengan harapan kita bersama. 

Dalam Kegiatan TMMD tidak hanya Sasaran Fisik yang dikerjakan, melainkan juga sasaran Non Fisik yang meliputi penyuluhan bidang kesejahteraan rakyat, kesadaran bernegara, bela negara dan ketertiban masyarakat, kesehatan, hukum, HAM dan lain-lain sesuai kebutuhan desa sasaran. Pencapaian program sasaran fisik di atas juga diimbangi dengan pencapaian sasaran non fisik. Pembangunan non fisik ini sangat dibutuhkan dalam rangka membangun dan memperkokoh jiwa dan semangat nasionalisme masyarakat dalam menangkal berbagai disintegrasi bangsa yang ancamannya dilancarkan melalui maraknya peredaran dan penyalahgunaan Narkoba, aksi terorisme, meningkatnya aksi kriminalitas, serta isu bangkitnya kembali paham komunisme, paham radikalisme dan lain sebagainya yang semuanya dapat mengancam stabilitas Ketahanan Nasional Indonesia. 

Melalui TMMD mari kita senantiasa pelihara semangat gotong royong sebagai warisan budaya bangsa yang sudah terbina dengan baik selama ini. Pelihara hasil program TMMD, agar manfaatnya dapat dinikmati oleh masyarakat dalam kurun waktu yang cukup panjang. Perkenankan saya mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Kebumen dan semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan TMMD Sengkuyung Tahap I sukses, aman.

(Yatiman/*)

BULETIN INDONESIA NEWS

%d blogger menyukai ini: