oleh

Diterpa Angin Puting Beliung, Puluhan Rumah Rusak di Panawangan Ciamis

Buletin Indonesia News.com

CIAMIS, Jabar – Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, diterjang hujan disertai angin puting beliung yang menyebabkan kerusakan parah, pada Rabu (04/01/2023) kemarin, sekitar pukul 16.00 WIB.

Kusdinar S.IP. selaku Camat Panawangan mengatakan, bahwa terjadi suasana yang gelap, hujan deras, disertai angin yang kencang dan petir membuat kerusakan di Kecamatan Panawangan. Ia juga mengatakan data sementara kerusakan rumah yang diakibatkan oleh peristiwa tersebut berjumlah 55 rumah dan menyebabkan listrik padam.

“Sementara rumah itu hasil pendataan semalam ada 55 rumah yang rusak, di tambah ada fasilitas umum juga, seperti sekolah, madrasah, mushola, termasuk Kantor Kecamatan. Sekarang masih dilakukan assestmen bersama BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah),” kata Kusdinar kepada wartawan di Kantor Kecamatan Panawangan, Kamis (05/01/2023).

Foto : Kusdinar, Camat Panawangan

Kusdinar juga menyebutkan, kantor Kecamatan Panawangan juga mengalami kerusakan yang diakibatkan oleh peristiwa tersebut.

“Kalau kerusakan di kantor Kecamatan seperti di Aula itu kanopi beterbangan di dalam juga bocor, atap dan pintu sudah rusak,” ujarnya.

Pelayanan kepada masyarakat di Kecamatan Panawangan masih tetap berjalan, namun akan segera dipindahkan. Karena kantor kecamatan akan segera diperbaiki.

Foto : Atap Kantor Kecamatan Panawangan yang Rusak

“Untuk pelayanan administrasi, besok akan pindah ke Korwil Dinas Pendidikan. Karena kantor Kecamatan akan direhabilitasi,” terangnya.

Kusdinar menambahkan, penanganan kepada warga yang terkena musibah tersebut mendapatkan bantuan dari Ormas GMBI.

“Pemerintah Kabupaten juga sangat cepat tanggap dan sudah langsung turun. Begitu ada kejadian saya telepon langsung turun ke lokasi,” tuturnya.

(Reporter : *Tegar Anjar Abadi & *Arrizal Adam Gunawan Putra)