oleh

DPC XTC Kabupaten Ciamis Gelar Muscab Perdana, Femi Apriyanto Terpilih Secara Aklamasi

www.buletinindonesianews.com

CIAMIS, Jabar — Exalt To Creativity (XTC) Indonesia DPC Kabupaten Ciamis menggelar Musyawarah Cabang (Muscab) ke-1, Minggu (26/09/2021) di Aula Gedung Pramuka Ciamis. Dalam Muscab tersebut Femi Apriyanto Hidayat terpilih menjadi Ketua XTC DPC Kabupaten Ciamis secara aklamasi.

Femi mengatakan akan melanjutkan program dari ketua dan pengurus sebelumnya yang belum terlaksana, untuk agenda awal pihaknya akan membenahi administrasi Pengurus Anak Cabang (PAC) yang ada dan melaksanakan pelatihan keorganisasian juga program sosial masyarakat.

“Langkah selanjutnya kami akan memberikan Pelatihan Organisasi Pengurus (Opus), ini penting agar para anggota dan pengurus XTC Kabupaten Ciamis mengerti akan aturan berorganisasi serta semangat pemuda yang berjiwa sosial tinggi bagi masyarakat,” katanya.

Menurut Femi, pihaknya akan membangun sinergitas dengan organisasi lain sehingga bisa menjaga kondusifitas dan ikut berkontribusi membangun Kabupaten Ciamis dengan kratifitas dan inovasi yang dikelola secara legaliter. Femi juga akan mengedepankan jiwa sosial dengan bekerjasama pemerintah untuk pengembangan UMKM dan lainnya.

“Kami dan seluruh anggota akan terjun ke dalam kegiatan sosial yang bisa memberikan andil atau kontribusi kepada masyarakat, diantaranya melalui pengembangan UMKM, Ekonomi Kreatif dan olahraga,” jelasnya.

Komandan Satuan Khusus DPP XTC Indonesia, Firman Budi sangat terharu dan mengapresiasi atas terlaksananya Muscab ke-1 XTC Indonesia DPC Kabupaten Ciamis, dengan yerpilihnya Femi menjadi ketua XTC DPC Ciamis diharapkan dapat membawa organisasi ini kedepannya bisa lebih baik lagi.

Firman sangat apresiasi acara Muscab tersebut karena memang itu salah satu program dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) yang salah satu progresnya adalah untuk segera melaksanakan muscab di DPC dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) nya yang sudah ter legalitas di Badan Kesbangpol nya masing-masing. Sudah ada 8 DPD dan 12 DPC salah satunya adalah DPC Ciamis yang sudah ter legalitas di Kesbangpol.

“Saya iri ternyata DPC Ciamis ini merupakan salah satu yang menduplikasi program dari DPP,” jelasnya.

Firman berharap, semoga Ciamis sesuai filosofinya Ciamis manis yang pasti lebih Sinergi, lebih Solid, lebih Kolaborasi dengan aparat setempat.

“Pesan saya tolong jaga kondusifitas, stabilitas di daerahnya masing-masing,dan jaga nama baik organisasi,” tegasnya.

“Saya harap sodara Femi bisa menjaga amanah, nama baik organisasi, jaga kondusifitas sehingga DPC XTC Kabupaten Ciamis bisa lebih baik, lebih maju dibanding DPC lain, salam hormat, salam rahayu, semangat kuat dalam persaudaraan, XTC Indonesia, Indonesia kuat dalam persaudaraan,” harapnya.

Sementara, Mantan Ketua XTC DPC Kabupaten Ciamis, Gian Ferdyana Henukh yang akrab dipanghil Barmex mengatakan muscab merupakan bagian dari tugas DPC dikarenakan muscab itu menjadi satu program DPC untuk pembahasan musyawarah terkait program kerja dan pemilihan ketua DPC yang baru secara demokratis.

“Jadi muscab menjadi satu pembelajaran bagi kami dikarenakan ini muscap pertama untuk di Kabupaten Ciamis,” ucapnya.

Dikatakannya, bukan masalah muscab pertama, dulu juga ada musyawarah cuma lebih bersifat kolektif kolegial dan tidak terlalu formal, tapi dikarenakan tuntutan organisasi makanya harus menggelar muscab untuk ketertiban administratif.

“Dalam muscab perdana ini kami mengusung tema menjunjung tinggi integritas untuk mencapai nilai persaudaraan seperti apa yang selalu kami kumandangkan atau selalu diteriakan yaitu kuat dalam persaudaraan, itu karena kami sebagai organisasi yang berbasis kekeluargaan,” jelasnya.

Menurutnya, muscab untuk DPC itu dilaksanakan setiap 4 tahun sekali dan untuk PAC 3 tahun sekali, untuk muscab hari ini periode 2021 sampai 2024, kebetulan untuk kali ini dilaksanakan secara aklamasi karena hanya ada satu calon, peserta yang hadir sebanyak 17 PAC dan 3 PAC sebagai peninjau.

“Kedepannya tinggal sesuai dengan program kerja yang dibuat dari musyawarah ini sesuai dengan keinginan PAC, jadi sebetulnya masa depan XTC itu bukan hanya ditentukan pengurus DPC tapi ada di tangan pengurus PAC, Kenapa saya katakan ada di tangan PAC karena yang menentukan organisasi ke depan itu adalah melalui musyawarah ini karena ide dan gagasan untuk program kerja PAC kedepannya di luar program kerja atau visi misi yang dibuat oleh ketua yang baru atau ketua terpilih sekarang,” pungkasnya. (Nank Irawan*)

News Feed