Dr. Yopi Gunawan ; Advokat Profesional, Berani serta Rendah Hati

DR. YOPI GUNAWAN, S.H., M.H, M.M, CTL. Sosok Adpokat yang ramah dan murah senyum dengan sesama

Buletin Indonesia News,

Bandung, — Pria tangguh dan mandiri adalah sebutan yang layak di sandang DR. YOPI GUNAWAN, S.H., M.H, M.M, CTL. Kesibukannya sebagai seorang pengacara tidak serta merta mengurangi perannya sebagai dosen dan juga menjadi seorang kepala rumah tangga yang sangat perhatian pada keluarga.

Advokat adalah orang yang berprofesi memberi jasa hukum, baik di dalam maupun di luar pengadilan, demikian bunyi Pasal 1 butir 1 UU No. 18 tahun 2003 tentang Advokat. Pasal 15 UU Advokat telah menegaskan bahwa status Advokat penegak hukum yang bebas dan mandiri.

Hal tersebut diungkapkan DR. YOPI GUNAWAN, S.H., M.H, M.M, CTL. Saat bincang-bincang dengan Media di kantor PERADI , Kamis, (19/12/19).

Untuk mengenali sosok Advokat di lingkungan pengadilan cukup gampang karena memiliki ciri khas yang melekat pada dirinya, yang berpenampilan rapi dan selalu mengenakan pakaian necis, ramah, pintar berbicara, pejuang kebenaran dan keadilan dan umumnya suka senyum.

Menjadi seorang ahli dibidang hukum adalah menjadi impian Doktor Yopi sejak kecil, dilingkungan sekolahnya Doktor Yopi sejak kecil memang dikenal kerap sebagai seseorang yang pintar, tegas, lugas, peduli akan sesama, serta mudah bergaul, oleh karenanya tidak heran sikap bawaannya sejak kecil tersebut menghantarkannya menjadi seorang ahli di bidang hukum.

Beliau adalah Advokat Senior yang sekaligus Pengurus & Kurator serta Mediator di Pengadilan Negeri Kls IA Khusus, salah satu sosok praktisi hukum yang banyak dicari. Kepiawaiannya dalam menangani kasus-kasus hukum sudah tidak diragukan lagi. Berbekal ilmu hukum yang ditekuninya, Doktor Yopi, yang dikenal sapaan akrabnya.

Dia Banyak manangani perkara-perkara hukum dan saat ini Doktor Yopi tengah menekuni profesi barunya disamping sebagai Advokat, Pengurus & Kurator serta Mediator juga sebagai Pengacara Pajak.

Pria yang tegas ini juga merupakan sosok yang concern di dunia pendidikan. Hal ini dia buktikan dengan menjadi dosen di beberapa universitas, diantaranya dosen tetap di Universitas Negeri Singaperbangsa Karawang selain itu juga menjadi Dosen Luar Biasa di Pasca Sarjana Hukum Universitas Langlangbuana dan lainnya.

Kecintaannya terhadap dunia pendidikan juga ditunjukkan dengan membagi ilmu yang didapatnya dengan menulis beberapa buku tentang hukum diantaranya: -Tindak Pidana Perbankan, -Sekelumit Tentang Penyadapan Dalam Hukum Positif di Indonesia, -Konsep Negara Hukum dan Negara Hukum Pancasila, -Tindak Pidana Korupsi dan Tindak Pidana Perbankan dalam Proses Peradilan di Indonesia;

Ditengah-tengah kesibukannya, Doktor Yopi selalu menyempatkan diri untuk berolahraga “Supaya Kesehatan Terjaga” tukasnya.

Doktor Yopi juga kerap menghabiskan waktu senggang untuk melakukan kegiatan-kegiatan hobinya, dimana Doktor Yopi memiliki hobi yang bisa dibilang “unik”, yaitu mempunyai hobi kolektor batu mulia. Batu-batu mulia ini unik menurut beliau karena tidak ada batu mulia yang sama antara batu yang satu dengan batu yang lain.

“Oleh karena itu, saya senang memakai batu mulia ini,” ujarnya, selain itu juga Doktor Yopi juga hobi menjajaki kuliner-kuliner daerah, dan photografi;

Di Usianya yang sudah tidak muda lagi, Doktor Yopi masih memiliki semangat yang tinggi untuk tetap berkontribusi dalam bidang hukum, dan bertekad untuk tetap berkarya menghasilkan tulisan-tulisan yang dapat bermanfaat bagi generasi-generasi penerusnya.

Dia berpesan kepada Advokat-advokat muda “untuk menjadi pengacara yang sukses, Anda harus bisa memandang masalah hukum dari segala sisi demi mendapatkan solusi terbaik,” jelasnya.

Dengan mengucapkan “Selamat Natal dan Menyambut Tahun Baru 2020,” untuk semuanya, tutupnya.

(TN/*)

BULETIN INDONESIA NEWS

%d blogger menyukai ini: