Luar Biasa…! Koppas Ciracas Mampu Bertahan Selama 31 Tahun

Buletin Indonesia News,

BOGOR — Sebagai soko guru perekonomian Indonesia, koperasi terbukti mampu membuat ekonomi Indonesia bertahan dari krisis keuangan global. Itu semua dapat dilakukan berkat semangat gotong royong untuk memajukan koperasi.

Senyum bahagia terlihat dari Suyanto, dan Vera Muslihani, ketika namanya terpilih mendapatkan paket umroh

Demikian disampaikan Ketua Koperasi Pedagang Pasar (Koppas) Ciracas Budianto Sugianto, SE, saat memimpin Rapat Anggota Tahunan (RAT) XXXI Tahun Buku 2018 di Taman Wisata Matahari Cisarua Bogor, Kamis (31/1/2019) kemarin.

“Semangat gotong royong inilah yang menjadi salah satu kunci sukses Koppas Ciracas mampu bertahan selama 31 tahun lamanya, termasuk pelaksanaan RAT yang merupakan agenda wajib bagi koperasi, semua berkat rasa kebersamaan dan gotong royong,” ucap Budianto.

Menurut pria kelahiran Sambas Kalimantan Barat itu, RAT merupakan forum tertinggi dalam koperasi, sebagai bentuk laporan pertanggungjawaban pengurus, dan juga musyawarah untuk kemajuan koperasi. Hal ini sejalan dengan tema RAT tahun 2018, yaitu “Dengan RAT Mari Kita Ciptakan Kebersamaan Dalam Keakraban, Sehingga Terwujud Ikatan Yang Bersinergi Antara Koppas Ciracas Dengan Anggota”.

“Pada RAT tahun ini, kita sepakat untuk menurunkan jasa simpan pinjam yang semula 15% per tahun menjadi 12% per tahun.” ujarnya.

Pengurus Pusat Koperasi Pedagang Pasar (Puskoppas) DKI Jaya, Samino yang hadir dalam RAT tersebut mengapresiasi semangat kebersamaan Koppas Ciracas.

“Koppas Ciracas ini menjadi contoh nyata bagi koperasi pedagang pasar lainnya, dari 153 Koperasi Pedang Pasar di Jakarta, Koppas Ciracas merupakan salah satu Koppas terbaik,” ujar Samino yang juga Ketua Koppas Cibubur.

Ia menuturkan, salah satu bukti prestasi itu saat Ketua Koppas Ciracas Budianto Sugianto menerima penghargaan Satya Lencana Wirakarya dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada tahun 2006. “Semangat kebersamaan dan kekompakan Koppas Ciracas terlihat dari seragam batik yang dikenakan saat RAT, luar biasa..!,” puji Samino.

Apresiasi terhadap Koppas Ciracas juga datang dari Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Jakarta Timur Tutik Mudastri, S.Sos. Salah satu keberhasilan Koppas Ciracas terlihat dari Sisa Hasil Usaha (SHU) dalam laporan tahunan dengan jumlah yang signifikan.

“Koperasi Badan Usaha menyatukan visi dan misi untuk membangun ekonomi kerakyatan, dan ini telah ditunjukan oleh Koppas Ciracas,” ucap Ketua Umum Pusat Koperasi Karyawan (Puskopkar) DKI Jakarta itu didampingi Pengurus Puskoppas DKI Jaya, Wahyuni.

Doorprize Umroh

Senyum bahagia terlihat dari Suyanto, dan Vera Muslihani, ketika namanya terpilih mendapatkan paket umroh. Seperti pada RAT tahun sebelumnya, anggota Koppas Ciracas yang beragama Islam juga berkesempatan mendapatkan doorprize berupa paket umroh gratis.

“Jika yang mendapatkan doorprize umroh non Muslim, kita menggantikannya dengan paket wisata religi lainnya, kita juga menyedikan doorprize menarik lainnya, inilah bukti semangat kebersamaan dan gotong royong kita di Koppas Ciracas,” kata Bendahara Koppas Ciracas, Wiwik Widiastuti, SE, MM.

“Terima kasih Pak Budianto dan pengurus lainnya, luar biasa semangat kebersamaan Koppas Ciracas, semoga momentum RAT ini semakin mempererat rasa persaudaraan kita semua, dan tentukan memajukan Koppas Ciracas,” ucap Hj. Linda, peserta RAT Koppas Ciracas.

(Ar/Aj)

Admin BIN

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: