“Execellent”, FKPM Harus Menjadi Wadah Penyelesaian Masalah Warga di Tingkat Desa

“Execellent”, FKPM Harus Menjadi Wadah Penyelesaian Masalah Warga di Tingkat Desa

BINews

Kebumen –  Tidak semua permasalahan harus diselesaikan melalui proses peradilan. Masalah tindak pidana ringan di tingkat desa, bisa juga diselesaikan melalui musyawarah dengan didampingi FKPM (Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat) dan Bhabinkamtibmas. 

Diungkapkan Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan saat menghadiri acara penyuluhan kepada anggota FKPM (Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat) di Desa Karanggayam Kecamatan Karanggayam, semua masalah pasti memiliki “Win win solution”, Selasa (6/10).

“Jika ada masalah nanti bisa dikomunikasikan dan diselesaikan dengan cara musyawarah. Ada Bhabinkamtibmas di Polsek bisa diberdayakan,” ungkap AKBP Rudy. 

Menurutnya, situasi Kamtibmas yang kondusif bukan hanya tugas Kepolisan semata, namun ada peran masyarakat untuk mewujudkan hal itu, termasuk warga aktif melaporkan kejadian dan persoalan kepada polisi.

Kapolres Kebumen memerintahkan seluruh Bhabinkamtibmas dan Polmas untuk lebih menyentuh masyarakat dalam melaksanakan tugasnya.

“Warga masyarakat perlu didampingi dalam menyelesaikan persoalannya. Polisi harus hadir. Semua bisa diselesaikan tanpa melalui persidangan jika bukan kasus Pidana,” pungkasnya. 

Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) adalah merupakan wadah kerjasama kegiatan kemitraan antara Polisi dan Masyarakat untuk memecahkan persoalan sosial yang dapat berakibat menjadi gangguan Kamtibmas.

Hubungan masyarakat dengan Polri dalam FKPM dilandasi dengan rasa saling mempercayai dalam pencegahan kejahatan merupakan suatu komitmen sinergitas kinerja dengan tanpa mengabaikan ketentuan yang mengatur atau yang sesuai dengan prosedur.

(Yatiman/Humas Polres Kebumen)

Admin BIN