oleh

Festival Liwet, Meriahkan Peringatan Hari Santri Nasional

-Ciamis-99 views

Buletin Indonesia News

Ciamis ,– Seperti tahun sebelumnya, peringatan Hari Santri Nasional 2016 di Kabupaten Ciamis yang berlangsung di Alun-Alun Ciamis dihadiri oleh ribuan santri. Namun untuk tahun ini, ‘Hari Raya’ para santri ini semakin semarak dan meriah dengan diadakannya festival makan nasi liwet sepanjang 1 kilometer di depan Pendopo Kabupaten Ciamis Jawa Barat. Minggu (22/10/17).

Rangkaian acara peringatan Hari Santri Nasional di Ciamis, sebagaimana informasi yang berhasil didapat, diawali dengan prosesi upacara yang kemudian dilanjutkan dengan pawai mengelilingi Kota Ciamis. Usai itu, ditampilkan kesenian seperti marawis. Terakhir, kegiatan ini pun dilanjutkan dengan makan nasi liwet bersama beralaskan plastik di sepanjang Jalan Jenderal Sudriman.

KH Agus Umar Nawawi, Panitia Pelaksana Hari Santri Nasional Ciamis mengatakan, nasi liwet itu dimasak oleh 1500 santri yang berasal dari setiap pondok pesantren yang jumlah adanya 1600 pesantren. Masing-masing pesantren membawa 10 kastrol yang berukuran lima kilogram.

“Jumlah kastrolnya tinggal dihitung ada berapa, sebab yang hadir kali ini seluruh pesantren di Ciamis dengan jumlah santri yang mencapai ribuan bahkan sampai puluhan ribu. Usai kirab berlangsung, dijamu dengan makan,” terang Agus.

Bupati Ciamis Iing Syam Arifin mengatakan, peringatan Hari Santri Nasional ini harus menjadi motivasi bagi seluruh santri dan generasi muda Ciamis untuk menata masa depan bangsa.

”Santri dan Kyai adalah aset Indonesia yang luar biasa. Mereka mempunyai peran dalam meraih Kemerdekaan bangsa ini, sesuai dengan tema dari kegiatan ini, Santri untuk Negeri, NKRI Harga Mati,” kata Iing.

Reporter : Redaksi

Komentar

News Feed