oleh

FMPP Kabupaten Ciamis Bantu Modal Pelaku UMKM

buletinindonesianews.com

CIAMIS, Jabar — Forum Mahasiswa Pemuda Pasundan (FMPP) Kabupaten Ciamis memberikan bantuan penanaman modal bagi pelaku Usaha Kecil Menengah (UMKM), salahsatunya di lembur berseka (Lember) Pelangi Desa Pawindan, Rabu (15/09/2021).

Ketua Umum PMPP, Yuda Pratama mengatakan kegiatan tersebut untuk membangkitkan kembali ekonomi masyarakat yang sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19 di setiap wilayah desa di kecamatan Ciamis.

“Ini juga untuk membangkitkan semangat generasi muda ataupun masyarakat bahwasannya di wilayah Kecamatan Ciamis banyak sekali potensi-potensi yang memang perlu kita gali sehingga bisa untuk membangkitkan ekonomi agar lebih maju,” katanya.

Diakui Yuda, selain penanaman modal bagi setiap masyarakat yang ada kemauan untuk usaha, pihaknya juga membantu membangun pembinaan kepada pelaku UMKM dan memberikan kontribusi baik secara fasilitas ataupun materi. Dipilihnya Lember Pelangi karena banyak ide-ide yang sangat produktif dan inovatif untuk di kembangkan serta dilaksanakan.

“Adanya Lember Pelangi yang dikelola ibu-ibu ini menghasilkan berbagai jenis sayuran untuk dikomsumsi bahkan dijual, apalagi warung UMKM nya sekarang sudah ada, sehingga bisa menjual langsung sayuran tersebut dan menghasilkan uang,” jelasnya.

Sayuran tersebut bisa di olah untuk komsumsi kebutuhan sehari-hari terutama kebutuhan pokok, bisa juga dijual di warung-warung binaan FMPP.

Diakui Yuda, organisasi yang dipimpinnya secara rutin memberikan pembinaan kepada pelaku UMKM yang dibinanya, bukan hanya sekali tapi akan terus berkesinambungan, semoga dengan dukungan dari masyarakat di wilayah Desa Pawindan dan komunitas Lember nya bisa terus berjalan.

Ih

“Bukan saat ini saja tapi tiap bulan bagaimana caranya kita bisa memberikan kontribusi yang positif kepada masyarakat, alahamdulillah warung binaan yang telah dibina sudah ada 20 warung di wilayah Kecamatan Ciamis dan ada 60 warung di seluruh wilayah Kabupaten Ciamis,” jelasnya.

Ketua Komunitas Lember Pelangi, Sukmawijaya mengucapkan terima kasih atas bantuan baik moril maupun materil, menurutnya bantuan yang telah diberikan FMPP itu bukan hanya sekali. “Terima kasih FMPP semoga bantuan yang diberikan bisa mengembangkan usaha yang kami jalani, semoga allah membalas kebaikan kang Yuda dan kawan-kawan,” ucapnya.

Komonitas Lember Pelangi ini memberdayakan masyarakat khususnya ibu-ibu supaya tidak terlalu sibuk mengerjakan hal yang tidak ada manfaatnya, untuk itu pihaknya memberikan solusi agar mengerjakan hal yang positif dan menghasilkan.

“Bantuan ini sangat berguna sekali buat menambah modal usaha agar mereka sambil merawat tanaman bisa usaha sendiri dengan membuka lapak untuk usaha kuliner, karena itulah cita-cita saya sejak dulu,” ungkapnya.

Sementara salah seorang koordinator FMPP Desa Pawindan, Dadan mengungkapkan sebagai pemuda pihaknya menyambut baik aksi yang dilakukan FMPP tersebut, semoga ini menjadi pemicu para pemuda untuk berbuat yang terbaik bagi desanya.

“Kami sebagai koordinator FMPP Desa Pawindan, bertanggungjawab untuk memicu generasi muda yang notabene kepemudaan dan kenakalan remaja diganti dengan program- program sosial dari FMPP,” ucapnya.

Dadan berharap agar program FMPP bisa berkesinambungan dan terus berjalan dengan program pembangunan sosial, ekonomi, serta organisasi kepemudaan lainnya yang bermanfaat.

“Semoga generasi muda bisa melihat berkontribusi dengan program FMPP nya sendiri juga dengan program karang tarunanya dapat berkesinambungan semuanya,” pungkasnya. (Nank Irawan*)

News Feed