oleh

FPK Kabupaten Bandung Laksanakan Silaturahmi Pembauran Etnis Nusantara

Buletin Indonesia News.com

Soreang – Forum Pembauran Kebangsaan Kabupaten Bandung telah melaksanakan Silaturahmi Pembauran Etnis Nusantara tingkat Kab.Bandung yang dilaksanakan di Hotel Grand Shunsine Soreang, Rabu kemarin (17/11/2021).

Kegiatan Silaturahmi Forum Pembauran Kebangsaan Kab Bandung dihadiri Bupati Bandung yang diwakili oleh Wakil Bupati Bandung H.Sahrul Gunawan, SE, Ketua FPK Provinsi Jawa Barat, Ibu Dra Hj Popong Otje Djundjunan, Sekretaris Badan Kesbangpol Kab Bandung, Ketua FPK Kab Bandung Drs. H.Dah Saefulah M.MPd, Perwakilan Dinas Pendidikan Kab Bandung, Perwakilan Dinas Pariwisata dan Budaya Kab Bandung, para Ketua Etnis yang ada di Forum Pembauran Kebangsaan Kab Bandung, serta tamu undangan lainnya.

Dalam kegiatan Silaturahmi Forum Pembauran Kebangsaan diawali dengan Penampilan Kreasi Seni Penyambutan Wakil Bupati Kab Bandung H. Sahrul Gunawan SE dengan menampilkan Tari Tapak Sirih dari Etnis Musi Banyuasin (Muba) Sumatera Selatan, kemudian dilanjutkan dengan Rampak Gendang dari Etnis Banten, dilanjutkan Menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan lagu Mars FPKKemudian dibacakan Deklarasi Bedas oleh Perwakilan Etnis Pasundan Ibu Happy Maryana MSi.

Selanjutnya Acara Sambutan dari Ketua Forum Pembauran Kabupaten Bandung sekaligus laporan Panitia Penyelengara oleh Drs. H Dah Saefulah M.MPd dalam sambutanya mengajak kepada seluruh etnis Pembauran Kebangsaan yang ada di Kabupaten Bandung untuk bersatu padu membangun sekaligus mendukung serta mengawal Visi dan Misi Bupati Bandung untuk membangun Kabupaten Bandung yang Bangkit, Edukatif, Dinamis, Agamis dan Sejahtera (Bedas).

Dilanjutkan penampilan kreasi seni dari Etnis HPJKB (Himpunan Paguyuban Jawa Kabupaten Bandung) yaitu Tari Tambyong merupakan tari selamat datang. Sambutan dari Ketua Forum Pembauran Kebangsaan Provinsi Jawa Barat oleh Dra Hj Popong Otje Djundjunan biasa dipanggil dengan Ceu Popong, dalam sambutanya beliau mengingatkan kepada etnis yang ada di Jawa Barat dan Kabupaten Bandung untuk bersama sama membangun daerahnya, ucap Ceu Popong.

Ada pepatah mengatakan dimana bumi dipijak disitu langit dijungjung jadi etnis manapun ayo bersama membangun demi kesinambungan pembangunan ke depan janganlah kita terkotak kotak tapi harus menjadi kekuatan yang besar untuk mewujudkan Bangsa besar yang maju mandiri.

Selain itu Ceu Popong menekankan mengenai 5 hal yg harus kita ketahui intinya persatuan dan kesatuan yang harus tetap dijaga, dan inshaa Allah saya minta ijin kepada FPK Kab Bandung akan saya jadikan contoh di 27 Kab/Kota yang ada di Jawa Barat, pungkas Ketua Umum FPK Jawa Barat, Wakil Bupati Bandung H Sahrul Gunawan SE dalam sambutannya, beliau meminta kepada seluruh warga kabupaten Bandung terutama etnis yang ada di Kab Bandung untuk meningkatkan serta mempererat tali silaturahmi antar etnis, suku, ras yang ada di Kabupaten Bandung.

Ini menjadi modal dasar sumber daya manusia yang sangat potensial dalam mewujudkan pembangunan di Kabupaten Bandung, kita semua saudara jadi sudah seharusnya kita saling bahu membahu untuk mewujudkan dan melaksanakan pembangunan di segala aspek yang kita rencanakan degan semangat BEDAS kesempatan kita bersama sama untuk dapat mewujudkannya, pungkas Wakil Bupati Bandung.

Kegiatan dilanjutkan dengan kreasi seni dari Etnis Bali (Tari Pendet) , Etnis Sunda (Tari Jaipongan), Etnis Batak, Etnis Musi Banyu Asin (Muba) Palembang, Etnis Flores. Etnis Madura dan lainnya.Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut berjalan dengan aman tertib dan lancar dengan menngunakan protokol kesehatan.

(Purwadhi)

News Feed