oleh

Gelar Pilkades, Pemda Garut Berikan Anggaran Rp 5 Miliar

Buletin Indonesia News.com

GARUT, Jabar – Pemerintah Daerah (Pemda) Garut, Jawa Barat, memberikan anggaran sebesar Rp 5 miliar lebih untuk melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di tahun 2023.

Wawan Nurdin selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Garut mengatakan, bahwa di tahun 2023 Pemda Garut akan melaksanakan Pilkades serentak yang akan dilakukan di 82 Desa yang tersebar di dalam 28 Kecamatan.

“Pemda Garut akan memberikan bantuan keuangan tetap sebesar Rp 40 juta per desa dan biaya pengadaan surat-surat suara dari kelengkapannya atau sebesar Rp 4.000 per hak pilih,” kata Wawan.

Seluruh desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak, diwajibkan harus tetap menaati Protokol Kesehatan (Prokes) dalam mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19.

“Para kepala desa yang melaksanakan kegiatan Pilkades ini untuk menganggarkan dari APBDes untuk kegiatan prokesnya,” ujar Wawan.

Ganda Permana selaku Plt Asisten Daerah (Asda) 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Pemkesra) Sekretariat Daerah (Sekda) Garut menegaskan, agar mempermudah sosialisasi sebelum melakukan pencoblosan yang akan dilaksanakan pada 15 Mei nanti. Pihaknya meminta kepada para camat agar melakukan pendampingan pada setiap tahapan atau proses Pilkades.

“Pahami regulasi yang ada, tunaikan tugas sebaik-baiknya sesuai dengan regulasi yang ada,” tegasnya.