oleh

Gempa 5,6 M Guncang Nepal, Akibatkan 6 Orang Tewas

Buletin Indonesia News.com

KATHMANDU, Nepal — Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 5,6 mengguncang wilayah Nepal bagian barat pada Rabu (9/11/2022) pagi waktu setempat. Sedikitnya enam orang dilaporkan tewas akibat gempa bumi tersebut.

Getaran akibat gempa di Nepal itu bisa dirasakan hingga ke ibu kota New Delhi di India, Rabu (9/11/2022). Pusat gempa bumi yang mengguncang pukul 02.00 dini hari itu, menurut Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), berada di dekat wilayah Dipayal, yang berjarak 340 km sebelah barat Kathmandu. Dilaporkan bahwa pusat gempa berada di kedalaman 15 km dari permukaan bumi.

Ranjendra Dhamala, Kepala kepolisian setempat, melaporkan sedikitbya enam orang tewas akibat guncangan gempa di distrik Doti. Tiga korban tewas di antaranya disebut masih satu keluarga. Lima orang lainnya mengalami luka-luka dan kini telah menjalani perawatan di rumah sakit setempat. Gempa bumi ini memicu kerusakan pada sejumlah rumah warga setempat. Otoritas setempat masih menaksi besarnya kerusakan dan korban jiwa akibat gempa ini.

Getaran akibat gempa bumi ini dilaporkan bisa dirasakan oleh orang-orang yang ada di wilayah India bagian Utara. Tidak ada laporan korban jiwa maupun kerusakan akibat gempa di wilayah India. Warga New Delhi memposting sejumlah video ke media sosial, yang menunjukkan lampu-lampu yang bergoyang dan pagar yang bergetar saat gempa melanda. Pusat Seismologi Nasional India mencatat getaran gempa di negara itu berkekuatan Magnitudo 6,3.