oleh

H. Tatang Harapkan Ciamis Jadi Kabupaten Informatif

Buletin Indonesia News.com

CIAMIS, Jabar — Kabupaten Ciamis diharapkan menjadi Kabupaten Informatif dalam rangka optimalisasi keterbukaan informasi publik. Hal itu diungkapkan Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ciamis, H. Tatang, didampingi Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Ciamis, Sujono dan perwakilan OPD terkait, saat menerima kunjungan Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) Komisi Informasi Jabar, di ruang rapat Asisten Sekretariat Daerah (Asda) Kabupaten Ciamis, Rabu (11/3/2021).

Selain memonev para Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kabupaten Ciamis, Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat juga melakukan cek dan ricek atas kuesioner yang telah disampaikan PPID Ciamis ke pihaknya untuk dilakukan penilaian Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

“Semoga hasil monev Kabupaten Ciamis nilai keterbukaan informasinya bisa lebih baik lagi. Kami berharap Ciamis bisa mendapat predikat sebagai Kabupaten Informatif untuk mewujudkan Ciamis yang terbuka dalam informasi publik,” katanya.

Menurutnya, melalui monev tersebut akan membantu Pemkab Ciamis dalam rangka mengawal dan mendorong keterbukaan informasi di Kabupaten Ciamis. Pihaknya juga menjelaskan atas capaian Pemkab Ciamis terkait keterbukaan informasi publik, diantaranya pada Tahun 2020 Kabupaten Ciamis telah memperoleh predikat sebagai kabupaten yang cukup informatif dan menempati urutan ke-11 di Provinsi Jawa Barat.

Pemkab Ciamis pada tahun 2019 memperoleh predikat sebagai kabupaten kurang informatif, kemudian pada tahun 2020 naik menjadi kabupaten cukup informatif, jadi setiap tahunnya Kabupaten Ciamis dalam hal capaian predikat sebagai kabupaten informatif meningkat signifikan.

“Melihat perkembangan informasi publik di tahun-tahun sebelumnya, maka kami optimis Kabupaten Ciamis pada tahun 2022 dapat menjadi Kabupaten yang informatif,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Tim Monev sekaligus Anggota Komisioner Komisi Informasi Jabar, Mahi M Hikmat menjelaskan selain melaksanakan monev, pihaknya juga melakukan pengecekan atas kuesioner yang telah diberikan PPID Ciamis sebagai dasar penilaian KIP.

“Dari hasil penilaian PPID-nya, Alhamdulillah Kabupaten Ciamis ini termasuk paling tertinggi dibandingkan kabupaten/kota lain dengan nilai 90. Kita akan cek fakta ulang atas jawaban kuesioner yang sudah diberikan PPID Ciamis untuk dasar penilaian KIP,” ungkapnya.

Pihaknya bersama tim monev akan objektif dalam melakukan penilaian, sehingga penilaian yang dilakukan akan menggambarkan realitas sesungguhnya.

“Kita akan cek secara komprehensif kondisi lapangan terkait KIP di Ciamis. Apapun hasilnya itu hasil kinerja kita bersama,” tandasnya.

Menurutnya, layanan standar informasi di Pemkab Ciamis sudah sangat baik dan termasuk paling update informasinya secara berkala.

“Kita sepakat inginnya semuanya menjadi informatif dan sesuai indikator yang ada dalam perundang undangan. Ciamis ini sangat menggembirakan dan inilah indahnya proses itu dengan pembuktian prestasi yang sangat signifikan melejit dari tahun ke tahun,” pungkasnya. (Nank Irawan)

News Feed