oleh

Hanjuang Beureum Academy Banggakan Ciamis dengan Menjadi Juara 3 di Lomba Angklung Se-Jabodetabek

Buletin Indonesia News.com

CIAMIS, Jabar- Dalam rangka memperingati “Hari Angklung Sedunia 2022”, maka Rumah Musik Jakarta (Komunitas Praktisi Seni) dan Kawanan Budaya (Komunitas Alumni “Seniman Mengajar”) mengadakan acara Lomba Angklung Se-Jabodetabek.

Awalnya rencana nama lomba adalah “Angklung Competition Festival Angklung Sedunia”. Namun H-3 sponsor utama (Mula Kota Tua Jakarta) membatalkan Kerjasama. Akhirnya acara di pindah dari rencana awal di Kota Tua, di pindah ke daerah Duren Sawit Jakarta Timur.

Dikarenakan acara di pindah ke Gedung Pusat Pelatihan Seni Budaya Jakarta Timur yang merupakan milik Pemda, maka nama acara pun diganti menjadi Lomba Angklung Se-Jabodetabek.

Walaupun di sana tertera kata “se-jabodetabek”, namun para peserta diluar Jabodetabek pun boleh mengikuti lomba ini.

Tidak ada klasifikasi soal usia atau jenjang pendidikan. Jadi anak SD, SMP, SMA, perguruan tinggi sampai ibu-ibu PKK pun boleh mengikuti lomba ini. Acara juga di support oleh Dirjen Kebudayaan Kemendikbud RI.

Salah satu peserta yang mengikuti lomba ini adalah Hanjuang Beureum Academy. Beranggotakan 10 orang anak-anak usia 7-11 tahun yang beralamat di Desa Kujang, Kabupaten Ciamis. Pengajar dari academy ini adalah Andy Alfian Kuswandi atau sering dipanggil Andy Slide, seorang musisi blues asal Kujang yang baru merilis buku berjudul “Ayo Bermain Angklung”.

“Saya ikut lomba bukan untuk mengejar piala. Saya cuma ingin anak-anak saya punya kebanggan, pernah perform di ibu kota. Terlebih kita bisa mendapat predikat juara 3, itu sangat membanggakan bagi anak-anak dan menjadi motivasi untuk lebih giat belajar dan latihan,” papar Andy, dikutip dari sweetcitymovement.

Selain angklung, rupanya Andy Slide juga mengajar musik gamelan, seni lukis dan juga Bahasa Inggris di Hanjuang Beureum Academy.

“Harapan saya suatu saat kami punya bangunan sanggar dan amplitheater agar kami tidak harus nyari panggung kesana-kemari, biar orang-orang yang datang sendiri ke sini untuk nonton kami latihan dan pertunjukan,” tutup Andy.