oleh

Harga Beras Melonjak Naik, Zulhas : Tenang Dibantu Subsidi

Buletin Indonesia News.com

JAKARTA, — Akibat dari pemerintah menaikan harga BBM ini akan memberikan efek kepada harga bahan pokok, termasuk beras.

Zulkifli Hasan Menteri Perdagangan atau yang kerap disapa Zulhas mengatakan, masyarakat tidak usah ketakutan dengan harga beras yang naik. Mengingat bahwa pemerintah akan memberikan subsidi kepada selisi harga jual beras.

“Misalnya harga beras dari bulog sekian lebih, itu bisa dibantu subsidi jadi tidak perlu khawatir sebetulnya, karena dibiayai pemerintah (selisih harga beras),” kata Zulhas dalam acara Kinerja 100 Hari Kerja Menteri Perdagangan di Jakarta, hari Minggu (25/9/2022).

Pemerintah mempunyai sebuah mekanisme cadangan stabilisasi harga dan pasokan (CSHP). Maka, Mendag Zulhas memastikan bahwa nanti masyarakat tidak perlu membayar atau membeli beras dengan harga yang mahal. Menurutnya, sekarang harga beras sedang mengalami kenaikan. Karena harga gabah yang juga mengalami kenaikan dari Rp 4.400 saat ini menjadi Rp 5.500, mengingat bahwa setiap daerah seperti di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Banten merupakan pembuat gabah dan sudah banyak perusahaan yang menggunakan gabah tersebut.

Untuk mengendalikan kenaikan harga beras di Indonesia, Zulhas siap untuk berkoordinasi dengan Perum Bulog untuk mengadakan operasi pasar di beberapa wilayah Indonesia. Sementara jika dilihat dari stok cadangan beras pemerintah (CBP) yang ada di gudang Perum Bulog  kini mencapai 800 ribu ton, dan diperkirakan akan mampu mencukupi kebutuhan sampai akhir tahun nanti.