HLI Brebes Bersama KPA Adakan Reboisasi

HLI Brebes Bersama KPA Adakan Reboisasi

BREBES, buletinindonesianews.com – Hijau Lestari Indonesia (HLI) bersama Perhutani dan Komunitas Pemilihara Alam (KPA) melakukan aksi sosial reboisasi selama dua hari, 30-31 Januari 2021, kemarin di kawasan Desa Bandung Sari Kabupaten Brebes Jawa Tengah, Senin (01/02/2021).

Ketua Pelaksana Aksi, Arif menyatakan bahwa Gunung Gora masuk ke dalam barisan perbukitan, karena ketinggiannya hanya mencapai 763 MDPL yang berada di jajaran gunung Lio yang berada di kawasan Desa Bandung Sari Kabupaten Brebes Jateng.

Lanjut Arif, terlepas dari identitas tersebut penduduk sekitar menjadikan gunung Gora sebagai lahan mata pencaharian sehari-hari yaitu dengan berkebun.

“Untuk saat ini gunung Gora menjadi Destinasi pendaki gunung untuk sekedar menikmati keindahan alamnya atau pun bagi para penggiat untuk mengungkapkan kecintaannya terhadap keasrian gunung tersebut,” jelas Arif pada saat melasanakan kegiatan aksi sosial pada media.

hal senada katakan Ketua Basecam Mukodas, berdasarkan kecintaan tersebut Basecamp gunung Gora beserta para Komunitas pendaki yang disuport oleh perhutani sebagai yang punya kawasan dan LSM Hijau Lestari Indonesia cabang Brebes.

keduanya ikut andil mensupport bibit pohon juga perdes setempat dalam rangka kegiatan Reboisasi yang dilaksanakan di Sabtu-Minggu 30-31 Januari 2021 kemarin, sambung Mukodas.

” Kegiatan ini bertujuan dan harapan untuk menjaga kelestarian hutan gunung Gora serta mengedukasi dan mensosialisasikan kepada masyarakat sekitar dan para pendaki,” imbuhnya.

Sedangkan Ketua HLI, Chandra mengatakan bahwa HLI cabang Kabupaten Brebes, mensupport kegiatan tersebut, kami berharap dengan seringnya diadakan Reboisasi di daerah Kabupaten brebes bisa menjaga kelestarian alam.

” Terutama bisa mencegah terjadinya bencana seperti longsor dan banjir yang banyak terjadi belakangan,” terangnya pada saat itu dalam memberikan pengarahannya kepada peserta.

“Semoga apa yang kita tanam bisa memberikan hasil positif bagi masyarakat,” ditambahkan Candra.

Sementara itu ditempat terpisah Ketua Umum Yayasan Peduli Hijau Lestari Indonesia (YPHLI) Boy junafiah didampingi biro hukumnya Tonny Supriadi SH MH mengatakan YPHLI mengapresiasi juga sangat mendukung kegiatan yang dilakukan HLI cabang Brebes.

Dikatakan Boy, jangan pernah bosan untuk melestarikan alam ini agar terhindar dari hal-hal buruk yang menimpa bumi alam yang kita cintai.

” Karena dengan menjaga alam ini berarti kita menghormati dan menghargai yang menciptakan alam ini,” tandasnya.

(TS/A)

Admin BIN