oleh

Ijudin : Jangan Mengeluh Dengan Keadaan, Hidup Harus Berguna Untuk Orang Lain

Buletin Indonesia News.com
CIAMIS, Jabar — Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Kabupaten Ciamis memberikan bantuan berupa kursi roda kepada Jajang Kurnia (39) di rumahnya, Rabu, (16/11/21).

Jajang seorang pemuda, warga Dusun Pasirkadu Desa Petirhilir Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis ini menderita lumpuh selama selama 7 tahun akibat jatuh dari pohon kelapa.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) AMPI Kabupaten Ciamis, Mohamad Ijudin mengatakan, Kang Jajang merupakan pemuda yang mengalami kelumpuhan akibat kecelakaan yaitu jatuh dari pohon kelapa 7 tahun lalu, namun dalam kondisi lumpuh beliau tetap bersemangat dan tidak putus asa dalam menjalani kehidupannya.

“Kami memberikan kursi roda ini sebagai bentuk kepedulian, penghargaan atas semangat hidup, kerja keras, karya, motivasi dan inspirasinya bagi pemuda.” katanya.

Dijelaskan Ijudin, dalam kondisi lumpuh Jajang tidak pernah mengeluh, selalu sabar, tabah dan tawakal, dan yang terpenting beliau tetap bersemangat dalam menjalani kehidupan. Selain itu, Jajang juga tidak mau merepotkan dan membebani orang lain.

“Kang Jajang itu orangnya terus bekerja dan berkarya, salah satunya dengan membuat kerajinan tangan dianyaranya, Alat penangkap ikan (Jala), Padud dari bambu, dan kerajinan dari limbah aren.” jelasnya.

Adapun hasil dari penjualan buah karyanya dijual untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, untuk itulah saat hari sumpah pemuda dulu dalam kegiatan “Gebyar Pemuda Inspiratif” yang diselenggarakan AMPI, Jajang juga diberikan penghargaan atas semangat hidup, kerja keras, karya, motivasi dan inspirasinya bagi pemuda yang lain.

“Semoga dengan mendapatkan kursi roda ini dapat membantu meringankan aktivitas Kang Jajang sehari-hari.” ungkapnya.

Ijudin mengajak para pemuda untuk bisa mengambil hikmah dan inspirasi dari sosok Jajang, bahwa hidup itu masalah dan tugas hidup kita adalah menghadapi, menjalani dan menyelesaikan masalah.

“Mari kita belajar dari kang jajang bahwa kita tidak boleh mudah menyerah, terus bekerja keras, penuh optimisme, bahagiakan orang lain, jangan merugikan dan menjadi beban orang lain, berikan manfaat semampu yang kita bisa.” jelasnya.

Sementara itu, Jajang Kurnia menceritakan, bahwa kakinya mengalami kelumpuhan akibat jatuh dari pohon kelapa tujuh tahun lalu dan tepatnya satu hari setelah menikah. Dengan kondisi kaki seperti itu, Jajang tetap tidak ingin menyusahkan keluarga terutama dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, hingga akhirnya Jajang menggunakan keahlian nya membuat alat penangkap ikan, padud dari bambu yang di jual seharga Rp.12.500/batangnya. Jajang sangat senang dan bersyukur atas pemberian kursi roda tersebut. Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada AMPI Ciamis atas kepeduliannya dengan memberikan kursi roda.

“Dulu saya sempat dikasih pinjam kursi roda akan tetapi sudah dikembalikan lagi. Alhamdulillah hari ini tanpa disangka ada yang peduli. Terima kasih saya hanya bisa mendoakan semoga Kebaikan nya di balas Alloh.” pungkasnya. (**Nank Irawan)

News Feed