Imlek : FKUB dan Dua Lembaga Pemerintah Kunjungi Klenteng Ciamis

Imlek : FKUB dan Dua Lembaga Pemerintah Kunjungi Klenteng Ciamis

Buletin Indonesia News

CIAMIS, — Dalam rangka mempererat komunikasi dan silaturahmi diantara umat beragama untuk mewujudkan masyarakat Kabupaten Ciamis yang harmonis dan religius, sehat dan harmoni ditengah pandemi, Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) bersama Badan Kesbangpol dan Kemenag Ciamis  mengunjungi Klenteng dan litang di jalan Ampera Ciamis, Kamis (11/02/21) kemarin.

Ketua FKUB, Prof. DR Koko Komaruddin mengatakan bahwa FKUB memiliki agenda rutin menjelang hari besar keagamaan yaitu mengunjungi tempat-tempat ibadah, karena tempat ibadah merupakan pusat kegiatan umat sehingga FKUB berharap dengan kunjungan ini akan terwujud situasi yang aman tenteram damai dan kondusif, serta umat beragama yang harmoni ditengah pandemi.

Sementara itu, Pendeta Konghucu, Jaswidi menyambut kunjungan kerja FKUB dan dua lembaga pemerintah serta berterimakasih karena setiap tahun menjelang Tahun Baru Imlek, selalu mendapat kunjungan termasuk pengamanan dari aparat kepolisian.

Jaswidi memaparkan, Imlek tahun ini tidak mengadakan kegiatan seperti tahun sebelumnya karena situasi pandemi, pihaknya berharap umat beragama mampu bersama sama memutus rantai penyebaran Covid-19 yang sudah sangat mengkhawatirkan.

Di momen yang sama, Sekretaris Badan Kesbangpol Ciamis, Drs.  Dedy Mudyana, M. Si  mengatakan bahwa seluruh umat beragama mempunyai kewajiban untuk mewujudkan Kerukunan antar Umat beragama dan menebar kedamaian di muka bumi. “Dengan adanya FKUB pemerintah sangat terbantu,  sebagai mitra strategis Kesbangpol, FKUB telah berperan aktif mewujudkan masyarakat Kabupaten Ciamis yang harmonis dan religius serta mampu menjalin silaturahmi dengan pemeluk agama khususnya di wilayah kabupaten Ciamis”, ungkapnya.

Sementara itu, Dede Nugraha selaku Sekretaris FKUB memaparkan kunjungan ini merupkan agenda rutin setiap menjelang peringatan hari besar umat beragama yang ada d Ciamis, “tidak hanya di klenteng tetapi ditempat ibadah lainnya juga kita gelar kunjungan agar kerukunan umat beragama tetap harmonis” paparnya.

Dede mengatakan, kunjungan kerja sekaligus silaturrahhmi itu sebagai upaya bersama mencegah terjadinya potensi konflik, agar kehidupan masyarakat senantiasa terjalin dengan aman,  tenteram damai dan kondusif. Dalam mewilujudkan masyarakat yangvbharmoni ditengah pandemi para tokoh agama juga dihimbau untuk selalu saling mengingatkan dalam mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan pakai sabun di air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, membatasi mobilisasi.

Dalam kunjungan kali ini, kata Dede, peserta yang hadir dibatas karena dalam suasana Pandemi Covid-19. Tak hanya itu, dibatasi juga dengan waktu pelaksanaannya serta mengajak umat beragama berdoa agar masyarakat Kabupaten Ciamis khususnya dapat senantiasa dikuatkan dan disehatkan. *(Syahrul)

Admin BIN