oleh

Ingin Cepat Kaya, 2 Remaja di Makassar Bunuh Bocah 10 Tahun

Buletin Indonesia News.com

Makassar, Sulsel – Dua Remaja di Makassar, Sulawesi Selatan, membunuh seorang bocah laki-laki berusia 10 tahun. Kedua remaja tega membunuh lantaran berniat menjual ginjal korban seharga USD 80 ribu.

Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Budhi Haryanto berkata, kedua pelaku berinisial AD (17) dan MF (14) merupakan seorang pelajar. Akibat perbuatannya, kedua remaja tersebut dijerat dengan pasal berlapis yakni Pasal 340 KUHP dan Undang-Undang Perlindungan Anak Nomor 23 tahun 2002.

“Pihak kepolisian sudah mengkonstruksikan pidana ini kita jerat dengan Pasal Pembunuhan Berencana dan Undang-Undang Perlindungan Anak UU Nomor 23 tahun 2002,” ucap Budhi, Selasa (10/1/2023).

Budhi menuturkan, meski dijerat dengan pasal berlapis, ancaman pasal tersebut tidak akan diterapkan secara maksimal mengingat pelaku masih dibawah umur.

“Yang ancaman hukumannya tentunya dikurangi setengah. Apabila ini dilakukan oleh orang dewasa, ya pasti hukuman mati, namun karena anak-anak hakim lah yang akan menentukan, karena ada aturan tersendiri dalam persidangan anak,” tuturnya.

Kedua pelaku tega membunuh korban karena suka menonton konten-konten sadis di internet.

“Ini akibat mengkonsumsi konten internet yang tidak tepat. Yang bersangkutan tidak punya jaringan (mafia penjual organ),” ujar Budhi.

Pelaku nekat melakukan perbuatan keji tersebut karena ingin menjadi kaya dengan menjual organ tubuh korban.

“Ingin menjadi kaya. Ingin memiliki harta sehingga muncul lah niatnya tersangka melakukan pembunuhan. Cuman karena motif ekonomi, yang bersangkutan ingin menunjukkan ke orang tuanya bahwa yang bersangkutan bisa mencari uang makanya dilakukan lah perbuatan tersebut,” kata Budhi.