oleh

Ini Manfaat Mendengarkan Musik bagi Kesehatan

Buletin Indonesia News.com

CIAMIS, Jabar – Ada banyak manfaat musik bagi kesehatan. Perpaduan irama dan lirik dalam musik diketahui dapat meningkatkan kesehatan fisik, mental, hingga emosional orang yang mendengarnya. Musik secara tidak langsung dapat memengaruhi pikiran, perasaan, perilaku seseorang. Ini bisa terlihat ketika anda mendengarkan musik dengan irama yang lirih dan lirik yang sedih anda pun  bisa terbawa suasana dan menjadi ikut bersedih.

Begitu pula saat mendengarkan musik metal, anda lebih terpacu dan merasa lebih bersemangat. Pengaruh inilah yang menjadikan musik tanpa kita sadari bermanfaat bagi kesehatan.

Beberapa manfaat musik bagi kesehatan penelitian menunjukkan bahwa ada beragam manfaat untuk kesehatan, seperti menenangkan pikiran, memberi energi pada tubuh, dan mengelola rasa sakit. Selain itu, mendengarkan musik yang lembut juga dapat menurunkan detak jantung dan tekanan darah hingga melancarkan pernapasan.

Berikut beberapa manfaat musik lainnya yang baik untuk kesehatan:

  • Meningkatkan suasana hati

Musik dapat mempengaruhi suasana atau  mood seseorang, sehingga kerap digunakan sebagai salah satu terapi relaksi. Sebuah penelitian menunjukan bahwa mendengarkan musik degan nada yang ceria dapat meningkatkan suasan hati seseorang. Kamu mendengarkan musik sembari olahraga atau melakukan aktivitas lain.

Oleh karen itu, musik biasanya dimanfaatkan sebagai terapi untuk mengatasi masalah kesehatan yang berkaitan dengan emosional. Terapi musik juga bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi dan memosi serta menjaga kesehtan otak.

  • Mengatasi ganguan tidur

Jika anda mengalami ganguan tidur, seperti insomnia, musik menjadi solusi untuk mengatasinya. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang mendengarkan musik sebelum tidur memiliki kualitas tidur yang lebih baik dari pada yang tidak mendengarkan musik.

Musik dapat membuat tubuh dan pikiran terasa lebih rileks, sehingga memudahkan anda untuk terlelap. Namun, pilihlah musik dengan aluran yang lembut dan pelan. Selain itu, hindari mendengarkan musik menggunakan headset atau earphone sebelum tidur.

  • Mencegah kejang pada penderita epilepsi

Sebelum mengalami kejang, penderita epilepsi akan merasakan aliran lisrik tertentu di otak. Nah mendengarkan musik seperti musik klasik diduga dapat mencegah munculnya aliran listrik pemicu kejang tersebut. Selain itu, manfaat musik bagi penderita epilepsi juga efektif dalam mengurangi frekuensi terjadinya kejang.

  • Membantu pemulihan pascaoprasi

Meringankan ganguan sebelum dan setelh operasi. Sebelum operasi, mendengarkan musik dapat mengurangi rasa gelisah. Sementara itu, mendengarkan musik pascaoprasi dapat mengurangi rasa nyeri yang dirasakan. Bahkan manfaat musik diketahui dapat menghilangkan stres dan membantu pemulihan setelah operasi jantung.

  • Membantu pemulihan stroke

Stroke merupakan penyakit yang dapat menyebabkan kelumpuhan, bahkan kematian. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa musik dapat, membawa dampak positif bagi proses pemulihan stroke.

  • Mengatasi stres

Manfaat musik lainnya adalah mengatasi atau mengelola stres. Penelitian menunjukan bahwa orang yang mendengarkan musik akan lebih cepat pulih dari stres yang dialami dibandingkan mereka yang tidak.

Ini karena me ndengarkan musik akan mengurangi pelepasan hormon kortisol atau hormon stres dalam tubuh. Selain itu, manfaat musik juga dapat mengurangi gejala depresi.