oleh

Ini Peran Mojang Jajaka di Kabupaten Ciamis

Buletin Indonesia News.com

CIAMIS, Jabar – Pemerintah Kabupaten Ciamis menggelar Acara silaturahmi dan Pasang Giri Mojang Jajaka yang bertempatan di ruangan Op Room Setda Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Jum’at (13/01/2023).

Asda (Asisten Daerah) II Kabupaten Ciamis Aef Saefullah mengatakan, keberadaan Mojang Jajaka ini merupakan untuk mempromosikan Kabupaten Ciamis. Karena persaingan antar daerah begitu ketat, sehingga ia mengharapkan kepada Mojang Jajaka yang nanti terpilih dapat membantu nama Kabupaten Ciamis dikenal oleh masyarakat luas.  

“Untuk memajukan Kabupaten Ciamis semoga para Mojang Jajaka memberikan warna yang berbeda terutama kepada yang terpilih di final nanti dan juga nanti kita mampu berkolaborasi untuk lebih mempromosikan Kabupaten Ciamis  ke dunia luar, karena persaingan antar daerah ini sangat tinggi dan kompetitif. Sehingga, kita harus mampu berinovasi dan berkreasi menciptakan suatu hal melalui peran Mojang Jajaka,” katanya kepada sejumlah wartawan setelah acara silaturahmi dengan para Mojang Jajaka selesai.

Foto : Aef Saefullah selaku Asda II Kabupaten Ciamis

Aef menjelaskan, peran Mojang Jajaka nantinya melakukan banyak program. Salah satunya melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan membantu proses pengembangan Kabupaten Ciamis.

“Untuk saat ini yang kita tahu bahwa nantinya Mojang Jajaka di Kabupaten Ciamis akan kita kolaborasikan dengan Lembaga-lembaga atau OPD-OPD  di Kabupaten Ciamis dan membangun Kabupaten Ciamis agar lebih baik, karena yang kita hadapi saat ini adalah kelemahan-kelemahan. Salah satunya yaitu sumber daya terutama di Aparat Sipil Negara (ASN), mungkin kita membutuhkan bantuan dari Mojang Jajaka,” jelasnya.

“Melakukan sosialisasi terkait pendidikan, masalah Kesehatan, daya beli, dan perekonomian masyarakat. Masih banyak program-program yang mungkin nanti bisa bersinergi dengan peran-peran Mojang Jajaka di Kabupaten Ciamis, sehingga orang-orang dapat mengenal Mojang Jajaka,” sambungnya.

Aef menyebutkan beberapa program yang nantinya akan dijalankan oleh Mojang Jajaka yang terpilih di final nanti, diantaranya sektor pendidikan, sektor kesehatan, dan pertanian.

“Peran Mojang Jajaka di Kabupaten Ciamis itu diantaranya, di sektor pendidikan yang menjadi tanggung jawab pemerintah baik Provinsi maupun Kabupaten. Jangan sampai ada di daerah itu masyarakat yang buta huruf dan masih banyak lagi. Kedua di sektor Kesehatan yaitu, program stunting. Adanya keterlambatan berfikir, sehingga harus ada pemahaman kepada para pemuda tentang bagaimana ketika nanti mereka mempunyai anak dan banyak makanan yang menggiurkan tapi tidak memberikan protein atau gizi ke badan kita, salah satu contohnya seblak. Terakhir tantangan pemuda saat ini, kalau kita berfikir negara kita agraris notaben wilayah persawahan. Kenapa pemerintah mengadakan program petani milenial? Karena persawahan itu hampir musnah,” paparnya.

Aef juga mengharapkan nantinya para pemuda bergabung dengan Lembaga-lembaga desa agar turut membantu membangun desa.

“Saya berharap generasi milenial mampu masuk ke Lembaga desa, seperti Bumdes (Badan Usaha Milik Desa) untuk membangun desa,” harapnya.

Final Mojang Jajaka Kabupaten Ciamis nantinya akan digelar di Islamic Center, pada Minggu tanggal 15 Januari 2023, malam.

Baca Juga : Pemkab Ciamis Gelar Acara Silaturahmi dan Audiensi Pasang Giri Mojang Jajaka

(Reporter : *Tegar Anjar Abadi & *Arrizal Adam Gunawan Putra)