Inilah 5 Tanda Jantung Tidak Sehat yang Harus Diwaspadai

Buletin Indonesia News.com

JAKARTA,- Umumnya penyakit jantung diakibatkan oleh faktor turunan atau diawali dengan beberapa gejala seperti nyeri dada atau sesak nafas. Tetapi, tanda-tanda jantung tidak sehat bisa jadi merambat ke bagian tubuh lainnya, seperti perut, lengan, sampai kepala.

Untuk beberapa kasus, gangguan kesehatan pada jantung juga diakibatkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, sepeti merokok, suka mengonsumsi makanan manis dan berlemak, juga malas berolahraga. Kebiasaan tersebutlah yang bisa menyebabkan masalah kesehatan, yaitu diabetes, kolesterol dan hipertensi.

Langsung saja, berikut tanda-tanda jantung tidak sehat yang harus diwaspadai mengutip dari WebMD:

  • Nyeri Dada

Tanda yang pertama ini sering kali dialami oleh pengidap gangguan jantung. Hal itu disebabkan karena sumbatan di arteri atau kelainan aliran listrik jantung. Tidak hanya nyeri di bagian dada, beberapa orang juga mengaku pernah merasakan perih sampai terbakar, cubitan ataupun beban berat di atas dada. Kondisinya sendiri biasanya bisa berlangsung beberapa detik sampai menit.

  • Detak Jantung Tidak Normal

Pernah merasakan detak jantung yang berdegub kencang, lambat atau bahkan tidak beraturan? Hal itu disebabkan oleh aritmia kerena kelainan listrik jantung. Walaupun begitu, sampai saat ini para ahli medis belum bisa menjelaskan secara pasti apa penyebabnya. Tetapi, kurang istirahat dan terlalu banyak minum kafein bisa menjadi salah satu pemicunya.

  • Mendengkur

Mendengkur saat tidur memang hal yang normal, tetapi jika dengkuran yang keluar keras seakan terengah-engah, maka itu merupakan salah satu gejala sleep apnea atau istilah medisnya menggambarkan napas berhenti sesaat saat tidur. Hal itu bisa menyebabkan tekanan ekstra pada jantung.

  • Nyeri yang Menjalar ke Lengan Kiri

Selanjutnya, gejala serangan jantung yang umum terjadi adalah nyeri dada yang menjalar ke sisi kiri tubuh. Sebagian orang menyangka itu hanya sakit lengan biasa, tetapi itu termasuk gejala serangan jantung loh.

  • Masalah Kesehatan Seksual

Terakhir, ada masalah kesehatan seksual. Dimana gejala jantung tidak sehat adalah disfungsi ereksi. Kondisi ini merupakan ketidakmampuan lelaki dalam mempertahankan ereksi. Selain penurunan libido, penyebab lainnya adalah masalah arteri yang menghambat aliran darah dari jantung ke penis.