oleh

Inilah Alasan Hari Veteran Diperingati Pada 10 Agustus, Berikut Jenis dan Tunjangannya

Buletin Indonesia News.com

Ciamis, Jabar– Hari Veteran Nasional yang diperingati setiap 10 Agustus berdasarkan ketetapan Presiden Nomor 30 tahun 2014 tentang Hari Veteran Nasional, yang dikeluarkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) Mantan Presiden RI.

Peringatan ini bertujuan untuk memberikan penghormatan kepada warga negara Indonesia yang telah berjuang pada masa penjajahan.

Selain itu, adapun alasan jatuhnya hari veteran pada tangga 10 Agustus dikarenakan sejarah pertempuran yang terjadi di Surakarta (Solo) pada tanggal 10 Agustus 1949. Pertempuran itu terjadi pada tanggal 7-10 Agustus dan melibatkan para pejuang serta tentara pelajar. Hal ini tercantum dalam Undang Undang Nomor 15 Tahun 2012 tentang Veteran Nasional.


Penindak lanjutan dari penetapan hari veteran ini dikuatkan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 67 Tahun 2014 untuk menekankan veteran Indonesia yang kini bisa memperoleh hak-haknya dan dijamin oleh negara. Adapun tunjangan veteran (Tuvet) yang diberikan bervariasi sesuai dengan golongannya diantaranya :

  • Dana kehormatan veteran (Dahor)
  • Dana bantuan kesehatan
  • Tunjangan bagi janda, duda atau anak yatim veteran
  • Santunan cacat, tunjangan cacat dan alat bantu untuk tubuh


Berikut Jenis- Jenis Veteran berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 67 Tahun 2014 yaitu:

  1. Veteran Pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia
  2.  Veteran Pembela Kemerdekaan Republik Indonesia
  3.  Veteran Perdamaian Republik Indonesia
  4.  Veteran Anumerta Republik Indonesia.