oleh

Isu Pengunduran Diri Lili Pintauli Akibat Polemik Pelanggaran Etik saat MotoGP Mandalika

Buletin Indonesia News.com

JAKARTA,– Lili Pintauli Siregar, S.H., M.H, Wakil Ketua Komisi Pemberantas Korupsi (KPK), diisukan mengundurkan diri dari KPK. Ia akan menjalani sidang etik pada (5/07/2022) karena laporan mengenai dugaan penerimaan fasilitas dan akomodasi menonton MotoGP Mandalika pada Maret 2022. Dalam Laporan tersebut Lili Pintauli diduga menerima tiket penginapan dan tiket untuk menonton MotoGP Mandalika.

Ini adalah kali kedua Lili Pintauli disidang etik. Dia sebelumnya telah dijatuhi sanksi pemotongan gaji terkait penyalahgunaan pengaruh dan hubungannya dengan pihak beperkara di KPK, yakni Wali Kota Tanjungbalai nonaktif M Syahrial.

Meskipun belum ada penjelasan resmi dari KPK, Boyamin Saiman sebagai Koordinator Masyarakat Anti Korupsi (MAKI) yakin bahwa Lili Pintauli akan mengundurkan diri.

“Saya berharap info mengundurkan diri itu benar adanya. Dan saya yakin benar bahwa Bu Lili sudah mengundurkan diri karena toh nanti ujungnya keputusan dewan pengawas kalau ini jadi sidang etik pasti putusannya adalah meminta Lili mengundurkan diri,” tuturnya.

Boyamin ingin Lili mundur dari KPK. Dia mengatakan hal itu demi menjaga nama baik KPK serta pemberantasan korupsi.

“Menginginkan mundur itu demi menjaga nama baik KPK, menjaga pemberantasan korupsi, menjaga marwah KPK dan menjaga asa semangat rakyat Indonesia yang masih menggebu-gebu bersemangat untuk memberantas korupsi. Kalau Bu Lili nggak mundur akan mematahkan sayap-sayap semangat pemberantasan korupsi dan itu saya harap Bu Lili memahami dan menyadari itu dengan cara hanya satu ya mengundurkan diri,” imbuhnya.

Sidang pelanggaran etik ini pun tidak dapat dihentikan meski lili mau mengundurkan diri. Sidang etik akan tetap berjalan jika belum ada surat pemberhentian dari Presiden Joko Widodo.