Jadi Daerah Terparah, BNPB Pusat Terjun ke Ciamis

Buletin Indonesia News

Ciamis,– Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat, Willem Rampangilei menyebut bahwa Kabupaten Ciamis adalah Daerah terparah di Jawa Barat yang mengalami dampak bencana akibat gempa bumi yang terjadi, Jumat (15/12/17) lalu.

Namun kata Dia, seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Ciamis dan juga masyarakatnya telah melakukan upaya tanggap darurat bencana dengan baik. Sampai hari ini seluruh masyarakat yang terkena dampak gempa tersebut sudah di data dan di verifikasi, bahkan laporan itu sudah sampai kepada BNPB Pusat.

“Untuk masyarakat yang kehilangan rumah, masyarakat yang mengungsi semuanya sudah ditangani dengan baik. Kebutuhan logistik serta pelayanan kesehatanpun sudah di tinjau dan dilaksanakan dengan baik. Sebagaimana perintah dari Presiden bahwa masyarakat yang terkena dampak bencana agar tidak tinggal terlalu lama dalam situasi darurat, Jadi  untuk rumah- rumah yang rusak agar segera di bangun kembali,” paparnya saat berkunjung ke Kantor Bupati, Minggu (17/12/17) kemarin.

Caranya lanjut Dia, untuk percepatannya masyarakat yang pemukimannya hancur agar segera di data, kemudian di verifikasi lalu di berikan Surat Keputusan (SK) Bupati dan di kirim ke Pemerintah Pusat dalam hal ini BNPB.

“Dengan dasar ini maka Pemerintah bisa menyalurkan dana stimulan, sehingga masyarakat dapat membangun kembali rumahnya dengan cepat,” jelas Willem.

Sementara itu, saat di singgung terkait prediksi gempa 8 SR yang ramai di perbincangkan, Ia menjelaskan hal itu berdasarkan penelitian ilmiah bahwa akan ada potensi megatras di laut selatan pulau Jawa. Namun BNPB telah melakukan kegiatan-kegiatan mitigasi dan meningkatkan kesiap siagaan terhadap hal itu.

Reporter : Lilis Susilawati

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *