oleh

Jaga Kebersihan Sungai, Satgas Citarum Harum Sektor 2 Laksanakan Berbagai Kegiatan

buletinindonesianews.com

PACET, Kabupaten Bandung — Demi menjaga kebersihan aliran sungai dan anak sungai Citarum Harum di wilayah teritorial Sektor 2, Satuan Tugas (Satgas) Citarum Harum terus melaksanakan beberapa kegiatan dari mulai Sub Sektor 1 sampai dengan Sub sektor 6, yang dipimpin langsung oleh Komandan Sektor 2, Kolonel Kav Sabri, Senin (04/10/2021).

Adapun kegiatan yang dilaksanakan sektor 2 Citarum Harum diantaranya melaksanakan kegiatan pengawasan dan pengendalian Subsektor oleh Dansektor 2, penyiraman, pemeliharaan bibit tanaman keras dan buah yang ada di Posko Sektor 2, rehabilitasi lahan kritis yang meliputi petak 59, 60 dan 62 yang berada di 6 Desa.

Komandan Sektor 2 Citarum Harum, Kolonel Kav Sabri mengatakan kegiatan yang dilaksanakan oleh sektor 2/Citarum harum selalu berpedoman pada rencana aksi yang sudah direncanakan, adapun titik berat kegiatan yaitu kebersihan aliran sungai dan anak sungai Citarum Harum dan rehabilitasi lahan kritis yang meliputi petak 59, 60 dan 62 yang berada di 6 Desa.

“Kami juga memberikan edukasi dan penyuluhan kepada masyarakat melalui kegiatan Komunikasi sosial yang isinya melibatkan peran masyarakat untuk ikut partisipasi menjaga Alam dan lingkungan agar selalu bersih dan lestari,” katanya.

Dikatakannya, dalam pelaksanaan kegiatan tersebut pihaknya melibatkan personil TNI sebanyak 46 Orang dan masyarakat sebanyak 35 Orang, kegiatan tersebut di mulai dari Posko Sektor 2 Citarum Harum dengan melaksanakan pengawasan dan pengendalian Subsektor yang dimulai dari pukul 07.00 sampai dengan pukul 15.00 WIB.

Pihaknya juga melaksanakan kegiatan penyiraman dan pemeliharaan bibit tanaman keras dan buah yang ada di Posko Sektor 2, selain itu terlaksananya pembuatan rencana dan Laporan kegiatan serta pembuatan Lapsit dan Lapdok pukul 16.00 sampai pukul 16.30 WIB. Selanjutnya kegiatan dilaksanakan di Subsektor 1 Desa Sukapura dengan melaksanakan Apel Pagi pukul 07.30 WIB yang dipimpin langsung oleh Dan Sub-sektor 1, kemudian pukul 08.00 WIB.

“Di sektor 1 kami melaksanakan patroli dan pemupukan pohon sebanyak 35 pohon dengan Bioss 44 DC dipetak 60 Desa Sukapura Kecamatan Kertasari sampai pukul 15.00 WIB,” jelasnya.

Dijelaskannya, anggota Satgas Citarum Harum Sub-sektor 1 Desa Sukapura juga melaksanakan Komsos dengan H Ali dan para Petani di Kampung Dangdang Desa Sukapura dengan harapan agar para petani bisa menjaga pohon yang sudah di tanam sektor 2 Citarum Harum dan jangan sampai ada penebangan pohon di hutan.

Diakui Kolonel Kav Sabri, selain dilaksanakan di Subsektor 1 Desa Sukapura juga dilaksanakan di Subsektor 2 Desa Resmi, di Subsektor tersebut pihaknya melaksanakan patroli pohon dan pemberian pupuk, sebanyak 23 pohon dengan Bioss 44 DC di petak 59 Desa Sukarame Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung.

Juga melaksanakan Komsos di Kampung Pasir Muncang Desa Resmitinggal pukul 15.09 wib dengan Ajat yang mengangkat tema memelihara lingkungan dan hutan dengan cara menanam pohon serta melestarikan hutan.

“Kami mengajak warga masyarakat untuk menanam pohon dan melestarikan hutan agar keseimbangan air bisa terjaga,” jelasnya.

Di Subsektor 3 Desa Girimulya sebelum melaksanakan kegiatan, dilaksanakan dulu apel pagi yang dipimpin Dan Subsektor 3 Desa Sukapura, setelah itu melaksanakan kegiatan Patroli dan pemupukan pohon sebanyak 30 pohon dengan Bioss 44 DC di petak 59 Ds.Sukarame Kec Pacet sampai pukul 15.00 wib.8

Selanjutnya pukul 15.00 Wib, Anggota Satgas Sub-sektor 3 Desa Sukarame melaksanakan Komsos di Kp.Ciherang Ds Girimulya, dengan tema menghimbau pak RW dan pak RT untuk memberitahukan kepada masyarakatnya yang berkebun dilahan perhutani agar tidak menebang pohon karena sekarang pembenahan dan konservasi alam di tangani oleh Sektor 2 Citarum Harum, apabila tidak patuh aturan, akan diproses hukum oleh pihak kepolisian

Selain itu Subsektor 4 Desa Sukarame, anggota Satgas Subsektor 4 juga melaksanakan pembersihan Sungai Cijaha dengan progres pekerjaan sepanjang 35 meter di Desa Sukarame Kecamatan Pacet dan melaksanakan Komsos bersama warga Kampung Jamburaya Desa Sukarame, dengan mengajak warga untuk menjaga lingkungan.

“Kami juga mengajak warga agar tidak membuang sampah sembarangan baik ke selokan, sungai, serta harus bisa memisahkan sampah organik maupun non organik, yang non organik seperti berbahan plastik bisa dikumpulkan dan dijual atau dibakar saja, sedangkan sampah organik bisa dikelola sebagai pupuk organik,” tegasnya.

Sementara di Subsektor 5 Desa Cikitu setelah melaksanakan apel pagi yang dipimpin Dan Subsektor 5 Desa Cikitu, dilanjutkan dengan melaksanakan patroli pohon dan pemberian pupuk sebanyak 28 pohon dengan Bioss 44 DC di petak 60 Desa Sukapura Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung, juga melaksanakan Komsos di Kampung Pasir Kelar Desa Cikitu dengan Ujang salah seorang tokoh masyarakat di RW 11 RT 02 , dengan mengangkat tema bekerja sama dengan masyarakat untuk menanam dan merawat pohon.

“Kami mengajak warga masyarakat untuk bekerjasama dalam menanam dan merawat pohon walaupun satu hari hanya 5 pohon, hal ini untuk menjaga keseimbangan air dan unsur hara tanah,” ungkapnya.

Sementara di Subsektor 6 Desa Pangauban anggota Satgas Sub-sektor 6 tersebut melaksanakan Karya Bakti anak Sungai Citarum di sungai Cibunibarang Desa Pangauban dengan progres pelaksanaan hingga 45 meter. Selanjutnya anggota Satgas Subsektor 6 Desa Pangauban melaksanakan kegiatan Komsos bersama Ust.Tatang tokoh agama di RT 002 RW 001 Kampung Pangauban Desa Pangauban.

“Mari kita menjaga lingkungan sungai dengan tidak membuang sampah di aliran sungai maupun anak sungai Citarum dan turut serta menyelamatkan NKRI,” pungkasnya. (Purwadhi-JSI)

News Feed