oleh

Jebol Vaksinasi Kelurahan Hegarsari, Wali Kota Banjar: Waktunya Kita Bela Negara!

Buletin Indonesia News.com

BANJAR, Jabar — Sepulangnya dari perjalanan dinas keluar Kota, hari ini Wali Kota Banjar, Dr Hj Ade Uu Sukaesih,M.Si langsung bergerak mengunjungi DKM Baitut Taqwa di Lingkungan Tanjungsukur RW 14 Kelurahan Hergarsari Kecamatan Pataruman Kota Banjar, Jumat (15/10/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota berinteraksi dengan pengurus DKM terkait pentingnya vaksinasi bagi masyarakat dalam penanganan pandemi Covid-19.

“Waktunya kita untuk bela negara dengan turut membantu penanganan Covid lewat prokes dan vaksinasi bahkan saya sebagai pimpinan menjadi yang pertama menjalani vaksinasi karena kita harus memberi contoh kepada masyarakat,” ujarnya.

Wali kota berharap pada Bulan November vaksinasi selesai 70%. Dirinya mengimbau agar sementara ini masyarakat jangan terlalu euphoria.

“Kita tetap harus disiplin Prokes untuk mewaspadai gelombang ketiga, smoga saja tidak ada lagi kasus Covid apabila kita sudah terapkan prokes dan vaksinasi dengan tujuan membentuk herd Immunity,” paparnya.

Wali Kota juga menyebutkan bahwa saat ini Indonesia berada pada urutan ke Empat penanganan Covid-19 terbaik sedunia karena melalui PSBB, PPKM dan gencarnya vaksinasi dalam membentuk herd Immunity di masyarakat.

“Sejawa barat ada 3 daerah yang berada di level 2 dan salah satunya Kota Banjar. Untuk menuju level 1, kita harus genjot percepatan vaksinasi. Kalau sudah di level 1, maka kita sudah bisa beraktivitas secara new normal tentunya masih dengan penerapan prokes,” jabarnya.

Sementara Kabid Penanggulangan dan pencegahan penyakit pada Dinkes Kota Banjar, Dr Agus Budiana Ekaputra memberikan edukasi terkait vaksinasi yang bermanfaat untuk meringankan gejala berat bagi pasien yang memiliki komorbid apabila suatu waktu terpapar virus Covid-19.

“Jadi walaupun kita memiliki riwayat penyakit, kalau memang kondisi kesehatan sedang stabil, secara aturan bisa mendapatkan vaksin,” urainya.

Setelah Wali Kota menjebol warga di lingkungan RW 14 dengan didampingi dr Agus Budiana dan Kepala Puskesmas Pataruman 1, dr Ika Rika Ruhantika, akhirnya 96 warga bersedia bergabung di DKM untuk mendaftarkan diri guna mendapatkan vaksin.

“Dari 96 warga yang daftar, yang berhasil di vaksin sebanyak 83 orang dengan dosis pertama sebanyak 63 orang dan dosis kedua 20 orang,” terang dr Ika.

Untuk 13 warga yang tertunda, lanjutnya, dikarenakan faktor kesehatan dengan diagnosis HT 12 orang dan DM 1 orang. Pencapaian vaksinasi di Kelurahan Hegarsari sendiri saat ini sudah mencapai 59% untuk dosis pertama dan 40,6% untuk dosis kedua berdasarkan rilis Satgas Penanganan Covid Kota Banjar. (S/B)

News Feed