Jelang Pilkada 2018, Panwaslu Akan Rekrut Pengawas TPS

Foto : Ilustrasi

Buletin Indonesia News

Ciamis,– Pantia Pengawas Pemilu (Panwaslu) akan melaksanakan Rekrutmen Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS)  untuk Pilkada tahun 2018 di Kabupaten Ciamis dengan jumlah TPS sebanyak 2263.  Demikian diungkapkan Ketua Panwaslu Uce Kurniawan, Senin (25/09/17).

Hal tersebut sesuai dengan amanah Undang-Undang No 10 Tahun 2016 bahwa setiap TPS harus memiliki Pengawas 1 orang.

Ia menjelaskan untuk tugas pengawas TPS ialah di perintahkan mengamankan dokumen C1 yang merupakan dokumen penentuan masuknya suara pada saat itu.

“Sebelumnya Kami sangat kesulitan dalam mengamankan dokumen C1, hal ini karena di setiap Desa jumlah TPS mencapai 10 bahkan hingga 20 tempat, sehingga banyak dokumen C1 yang tidak teramankan. Untuk tahun 2018 di pastikan C1 aman pada saat itu”,tegasnya.

Lanjut Dia, rekrutmen penjaringan Pengawas TPS secara regulatif kebijakanya ada di kecamatan kemudian di limpahkan ke desa. Setelah itu Panwas kecamatan akan membuka rekrutmen penjaringan  Pengawas TPS yang kerjanya selama 1 bulan. Yakni 23 hari sebelum Pilkada da 7 hari sesudah Pilkada.

Sementara itu, persyaratan untuk menjadi pengawas TPS di antaranya harus mengetahui perihal kepengawasan dan kepemiluan, memiliki integritas, berkomitmen penuh melakukan pengawasan pada hari Pilkada, serta minimal berjenjang pendidikan SLTA.

Reporter : Lilis Susilawati/hsn

Admin BIN

Tinggalkan Komentar