oleh

Jembatan Gantung di Ciamis Ambruk, Warga Terisolasi dan Aktivitas Terhambat

Buletin Indonesia News.com

CIAMIS, Jabar – Sebanyak 157 warga desa Ciparay, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, terisolasi akibat jembatan gantung ambruk diterjang luapan sungai Ciseel. Kamis (10/10/2022).

Camat Cidolog Agus Yani juga membenarkan kejadian tersebut. Jembatan gantung tersebut merupakan akses satu-satunya warga untuk beraktivitas karena wilayah tersebut diapit dua sungai.

“Akibat jembatan gantung ambruk, sebanyak 56 keluarga atau 157 jiwa di Dusun Gunungsari terisolasi. Hanya ada akses masuk masyarakat karena diapit sungai. Akibat jembatan ambruk, warga tidak bisa ke mana-mana,” ucap Agus Yani dikutip detik.com.

Penanganan sementara, Pemerintah Kecamatan dan Desa setempat akan memasang rakit atau perahu supaya warga bisa beraktivitas kembali.

“Kami akan memasang rakit supaya masyarakat bisa kembali melintas. Insyaallah hari ini dipasang,” ungkapnya.

Tidak hanya warga, siswa SD berjumlah 20 dari beberapa sekolah juga tidak bisa berangkat ke sekolah akibat ambruknya jembatan tersebut.

“Untuk siswa yang tidak bisa berangkat sekolah, kami sudah koordinasi dengan beberapa sekolah. Mereka akan menyelenggarakan belajar daring sampai rakit selesai dipasang,” jelas Agus.

Sedangkan untuk penanganan lebih lanjut, Pemerintah Kecamatan Cidolog akan mengajukan permohonan perbaikan kepada instansi terkait supaya jembatan bisa segera dibangun dan digunakan kembali.

“Tentunya jembatan gantung tersebut harus kembali dibangun karena akses vital masyarakat di Dusun Gunungsari,” tuturnya.

Menurut Agus, luapan Sungai Ciseel terjadi akibat kondisi sungai yang mengalami pedangkalan, dan solusinya yaitu pemasangan tanggul di sungai.