oleh

Johanis Tanak Terpilih Menjadi Wakil Ketua KPK Gantikan Lili Pintauli

Buletin Indonesia News.com

JAKARTA, — Johanis Tanak terpilih menjadi Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggantikan Lili Pintauli Siregar, melalui voting yang digelar Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (28/9/2022). 

Voting dilakukan seusai kedua calon pimpinan KPK itu menjalani uji kepatutan dan kelayakan di Komisi III DPR. 

Pemungutan suara diikuti oleh 53 anggota Komisi III DPR. Hanya ada satu anggota Komisi III yang absen dalam pemungutan suara, yaitu Ahmad Sahroni yang tidak hadir.

Dan hasilnya, Johanis memperoleh 38 suara, sedangkan lawannya I Nyoman Wara memperoleh 14 suara, dan ada satu suara yang tidak sah. Dengan begitu, Johanis terpilih menjadi wakil ketua KPK yang baru.

Johanis Tanak merupakan Direktur Tata Usaha Negara pada Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara. Ia pernah mengenyam pendidikan di Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin. Lalu ia melanjutkan S2-nya dan mendapat gelar Doktor Hukum dari Universitas Airlangga.

Johanis juga pernah menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Jambi. Ia pun pernah menjadi Direktur Tata Usaha Negara Kejaksaan Agung.

Pada tahun 2019, Johanis ikut dalam seleksi calon pimpinan KPK. Namun, ia tak lolos usai mendapatkan nol suara di DPR.

Nama Johanis Tanak kemudian diusulkan oleh Presiden Jokowi sebagai calon pimpinan KPK pengganti Lili Pintauli. Johanis Tanak bersaing dengan I Nyoman Wara.