oleh

Jokowi Disopiri Prabowo Naik Mobil Maung

Buletin Indonesia News.com

JAKARTA, — Presiden Jokowi menghadiri Rapat Pimpinan Kementerian Pertahanan 2023 di Kemhan, Jakarta, Rabu (18/1). Dalam kunjungannya itu, Presiden sempat disopiri oleh Menhan Prabowo Subianto sekitar pukul 09.10 WIB ke lapangan utama Kantor Kementerian Pertahanan.

Terpantau, Prabowo mengendarai mobil taktis Maung berwarna hijau tosca buatan pindad. Mobil kemudian diparkir di pelataran Kemhan bersama dua kendaraan Maung dan alutsista lainnya.

Kendaraan itu, juga baru saja dinamai secara resmi oleh Presiden Jokowi. Ditanya alasan penamaan mobil tersebut, Jokowi tak memerincinya. Ihwal demikian, dirinya langsung menuju kendaraan dinas dan pergi dari rapim tahunan itu. “Namanya Maung,” kata Jokowi di lokasi, Rabu (18/1).

Dalam penamaan kendaraan dinas militer itu, Presiden Jokowi melakukannya secara resmi dengan memecahkan kendi dan menandatangani plakat di atas kap mobil. Sebelum melakukan sesi foto terakhir dengan Jokowi, keduanya memantau tiap-tiap alutsista dari Pindad yang dipamerkan.

Secara umum, mobil Taktis Ringan produksi PT Pindad (Persero) ditujukan untuk dukungan operasi dan mobilisasi pertempuran jarak dekat serta jelajah segala medan.

Spesifikasi kecepatan aman dari kendaraan itu mencapai 120 km/jam, selain itu Maung memiliki transmisi manual 6 speed dan mampu menjangkau jarak tempuh hingga 800 km. Kendaraan asli Bandung ini, dapat dilengkapi dengan braket senjata 7,62 mm, konsol senjata SS2-V4, GPS navigasi, hingga tracker.