oleh

Jokowi Sambut Kedatangan Anwar Ibrahim di Istana Bogor

Buletin Indonesia News.com

JAKARTA, — Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut kedatangan Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim di Istana Kepresidenan Bogor, Senin (9/1/2023) dalam kunjungan resmi kenegaraan di Indonesia. Tampak Presiden Jokowi mengenakan jas berwarna biru saat menyambut kedatangan PM Anwar Ibrahim.  

Kedatangan Anwar di Istana Kepresidenan Bogor ini disambut pasukan yang mengenakan pakaian tradisional Indonesia dan juga pasukan berkuda. Acara kemudian dilanjutkan dengan upacara penyambutan resmi serta sesi foto bersama dan penandatanganan buku tamu di Ruang Teratai Istana Kepresidenan Bogor.

Kemudian, Presiden Jokowi dan PM Anwar Ibrahim berbincang di veranda Istana Kepresidenan Bogor. Setelahnya, Jokowi dan PM Anwar Ibrahim melakukan penanaman pohon merawan di halaman belakang Istana Bogor.

Usai menanam pohon, kedua pemimpin kemudian menaiki mobil golf untuk berkeliling ke Kebun Raya Bogor. Tampak Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyetir mobil golf dan disampingnya duduk PM Anwar Ibrahim. Keduanya tampak berbincang bersama sambil menikmati Kebun Raya Bogor.

Dalam pertemuan ini, kedua pemimpin negara akan membahas penguatan kerja sama dan menjajaki potensi kerjasama baru. Setelah pertemuan berakhir, Presiden Jokowi dan PM Anwar Ibrahim akan memberikan pernyataan pers bersama.

Tampak hadir dalam acara ini yakni Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Selain itu hadir pula Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, Duta Besar RI untuk Malaysia Hermono, serta Dirjen Asia Pasifik dan Afrika Kemenlu Abdul Kadir Jailani.

Seperti diketahui, Perdana Menteri Malaysia YM Dato’ Seri Anwar Ibrahim yang baru dilantik pada November 2022 tersebut melakukan kunjungan bilateral pertamanya ke Indonesia pada 8 hingga 9 Januari 2022. Kunjungan tersebut atas undangan Presiden RI Joko Widodo.

Pada kunjungan kali ini, PM Malaysia dijadwalkan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Jokowi di Istana Bogor untuk membahas kemajuan kerja sama bilateral, menjajaki potensi kerjasama baru, dan mempromosikan upaya bersama untuk mengatasi tantangan regional dan global.

Berdasarkan keterangan tertulis dari Kementerian Luar Negeri Malaysia di Putrajaya, Sabtu, PM Malaysia dijadwalkan melakukan pertemuan empat mata dengan Presiden RI.

Kedua kepala negara dalam pertemuan yang rencananya dilakukan di Istana Bogor tersebut akan meninjau kemajuan kerja sama bilateral, menjajaki potensi kerjasama baru, dan mempromosikan upaya bersama untuk mengatasi tantangan regional dan global.

Beberapa isu penting yang akan dibahas yakni kerja sama ekonomi termasuk potensi investasi Malaysia di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, demarkasi darat dan batas laut, serta ketenagakerjaan dan perlindungan pekerja migran Indonesia.

Kedua pemimpin juga akan bertukar pandangan tentang sejumlah isu regional dan global, khususnya terkait situasi di Myanmar dan upaya bersama untuk mengatasi diskriminasi terhadap minyak sawit, di mana Malaysia dan Indonesia merupakan pengekspor terbesar dunia.

Anwar Ibrahim bersama Jokowi juga akan menyaksikan penyerahan 11 Letters of Interest (Lol) dari perusahaan Malaysia untuk berpartisipasi dalam pengembangan IKN Nusantara oleh Menteri Perdagangan Internasional dan Industri Malaysia kepada Kepala Otoritas Ibu Kota Nusantara Bambang Susantono.

Selain itu, total delapan Nota Kesepahaman (MoU) antara sektor swasta Malaysia dan Indonesia yang diperkirakan bernilai 1,16 miliar ringgit Malaysia atau sekitar Rp 4,11 triliun akan ditandatangani di sela-sela kunjungan tersebut.