Kabupaten Bangka Meraih Piala Adipura Ke 11 Untuk Tahun 2022

Buletin Indonesia News.com

Sungailiat Bangka, — Kabupaten Bangka kembali meraih Piala Adipura ke-11 untuk tahun 2022 Kategori kota kecil. Perjuangan Kabupaten Bangka dalam menjaga kebersihan dan mengelola persampahan dan ruang terbuka hijau (RTH) berbuah penghargaan untuk predikat Penerima Piala Adipura Kategori kota kecil, Selasa (28/2/2023).

Untuk menerima Piala Adipura ke-11 tersebut, Bupati Bangka Mulkan diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Bangka Andi Hudirman menerima Anugerah Adipura Tahun 2022 untuk Kabupaten Bangka.

Bupati Bangka Mulkan beberapa hari sebelumnya mengatakan, “Penerimaan Piala Adipura ini merupakan sebuah prestasi dan kenangan indah untuk masyarakat Kabupaten Bangka. Untuk itu ia berharap masyarakat untuk terus menjaga lingkungan dan mewujudkan supaya bersih, sehat sehingga Bumi Sepintu Sedulang ini menjadi bersih dan sehat,” ujar Mulkan.

“Selain itu juga  dengan pengelolaan sampah yang baik menjadi upaya untuk tetap terus disiplin dan tetap berperilaku hidup bersih dan sehat, semoga kita semua tetap bertanggung jawab dan mendukung semua program pemerintah,” kata Mulkan.

Walaupun penantian Piala Adipura butuh waktu yang panjang dikarenakan adanya pandemi Covid-19, namun pengelolaan sampah di Kabupaten Bangka tetap berjalan, tiada kata henti karena produksi timbunan sampah tetap ada untuk dikelola.

“Piala Adipura ini menunjukkan bahwa pekerjaan yang telah kita lakukan selama ini sudah berjalan di koridornya. Dan hal ini perlu dipertahankan dan lebih ditingkatkan,” harapnya.

Sementera Sekda Bangka Andi Hudirman mengatakan, paradigma baru Adipura 2022 mengenai kelola sampah mulai dari sumbernya merupakan salah satu kunci keberhasilan pengelolaan sampah termasuk di Kabupaten Bangka. Dan bila ini terjadi, rasanya pantas dianugerahi Piala Adipura.

“Terima kasih  kepada semua pihak yang telah bahu membahu menjaga kebersihan lingkungan dan mengelola sampah untuk kesejahteraan masyarakat. Mari tuntaskan kelola sampah untuk kesejahteraan masyarakat Kabupaten Bangka,” katanya.

Piala Adipura diserahkan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Siti Nurbaya di Auditorium Dr. Soejarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta Pusat.

(WW)