Kalian Harus Tau! Inilah Sederet Manfaat Buah Jamblang yang Jarang Orang Ketahui

Buletin Indonesia News.com

CIAMIS, Jabar – Meski memiliki rasa sepat masam, buah jamblang ternyata menyimpan beragam manfaat sehat untuk anda. Buah jambalang alias Syzygium cumini memiliki bentuk menyerupai buah anggur dengan rasa yang khas, yaitu sepat masam. Buah ini memiliki warna hitam keunguan, berbentuk lonjong, berkulit halus, dan punya biji tunggal.

Buah Jamblang juga dikenal nama duwet. Buah ini dimakan segar atau disajikan sebagai manisan. Di balik rasa dan bentuknya yang menawan, buah jamblang juga menyampai beragam khasiat. Berikut manfaat Buah Jamblang:

  • Mempercepat Penyembuhan Luka

Buah Jamblang memiliki kadungan glukosida. Berkat adanya senyawa tersebut, buah ini berkhasiat untuk mempercepat proses penyembuhan luka robek atau luka bakar.

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Buah ini mengandung kalium yang membuat pembuluh darah menjadi rileks. Hal ini akan mencegah terjadinya hipertensi dan serangan jantung. Tidak hanya itu, buah jamblang memiliki kandungan tanin, yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolestrol yang menjadi faktor risiko lain dari penyakit jantung.

  • Meningkatkan Kesehatan Tulang dan Gigi

Dalam 100 gram Buah Jamblang, terkandung 1,5-2 miligram zat besi, 16 miligram kalsium, 36 miligram magnesium, dan 16,7 miligram fosfor. Adanya kandungan tersebut membuat Buah Jamblang atau duwet bermanfaat untuk Kesehatan tulang dan gigi.

  • Mengurangi Risiko Anemia

Kurangnya sel darah merah pada tubuh dapat menyebabkan berbagai kondisi seperti lemas, letih, dan lesu. Kandungan zat besi dalam buah ini dapat berperan dalam proses pembentukan sel darah merah. Ini membuat anda terhindar dari risiko anemia atau kurang darah.

  • Membantu Menurunkan Gula Darah

Penyandang diabetes harus jeli dalam memilih buah yang akan dikonsumsi. Bisa-bisa gula darah anda melonjak naik.

Meskipun memiliki rasa yang manis, kandungan oleanocil di dalam buah jamblang ternyata dapat menjaga kadar gula darah agar tidak meningkat. Ini membuat buah jamblang dapat dikonsumsi oleh penyandang diabetes.

  • Menyehatkan Kulit

Makanan kaya antioksidan bisa mengatasi berbagai masalah kulit Buah Jamblang kaya akan vitamin A, C, E, dan antioksidan lainnya. Kandungan ini bermanfaat menghidrasi kulit, menyamarkan noda hitam, dan memperlambat tanda-tanda penuaan.

  • Memelihara Kesehatan Gusi

Tidak hanya untuk gigi, khasiat buah jamblang juga bisa dirasakan oleh gusi. Buah jamblang banyak dikonsumsi. Ekstrak buah jamblang banyak digunakan untuk membantu mengatasi kondisi gingivitis atau radang gusi.