Kasus Pencurian Kabel Telepon Lintas Provinsi Diungkap Sat Reskrim Polres Kebumen

Kasus Pencurian Kabel Telepon Lintas Provinsi Diungkap Sat Reskrim Polres Kebumen

Kasus Pencurian Kabel Telepon Lintas Provinsi Diungkap Sat Reskrim Polres Kebumen 

KEBUMEN, buletinindonesianews.com,- Kasus pencurian kabel telepon miliki PT Telkom diungkap jajaran Sat Reskrim Polres Kebumen. 13 tersangka diamankan dalam kasus itu.

Dijelaskan Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan, kasus pencurian terungkap saat Unit Resmob Sat Reskrim Polres melakukan patroli di Jalan Ronggowarsito Kecamatan Pejagoan Kebumen,  pada hari Rabu (28/10) sekitar pukul 02.00 WIB.

Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan, berikan bantuan sembako

“Pada saat itu petugas kami di lapangan curiga dengan aktifitas sekelompok orang yang sedang menarik kabel. Selanjutnya saat diinterogasi, kegiatan itu ilegal,” jelas AKBP Rudy didampingi Kasat Reskrim AKP Afiditya, dan Kasubbag Humas Iptu Sugiyanto saat press release, Senin (30/11).

Untuk memuluskan aksinya, para tersangka mengenakan atribut seperti halnya petugas perbaikan dari PT Telkom. 

Bahkan, sebelum tertangkap basah di wilayah Pejagoan para kawawan ini melakukan aksi pencurian kabel di sepanjang Jalan Pemuda Kebumen. 

Kurang lebih 300 meter kabel tembaga milik PT Telkom berhasil diangkat para tersangka dengan cara masuk ke lobang Manhole.

Modusnya tersangka membuka tutup lobang Manhole, selanjutnya salah satu dari mereka masuk ke gorong-gorong dan menarik kabel ke atas permukaan. 

“Para tersangka memang spesialis pencurian kabel telepon. Tersangka mengetahui kabel mana yang ada nilainya,” pungkas AKBP Rudy. 

Dari peristiwa itu, polisi mengamankan sejumlah barang bukti diantaranya dua kendaraan minibus, satu unit truk, enam buah linggis, dua buah betel, satu buah kampak, dua balok kayu, alat pengukur jalan, alat pemberi isyarat lalulintas, rompi proyek dan ratusan meter kabel tembaga. 

Pengakuan tersangka, ia banyak melakukan pencurian kabel di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta serta di wilayah Sumatera.

“Masih kita selidiki. Kasus ini masih kita kembangkan. Pengakuan tersangka banyak TKP lain,” jelas AKBP Rudy. 

Berikut daftar tersangka yang berhasil diamankan, HE (26) warga Kabupaten Way Kanan Provinsi Lampung, YO (34) warga Kabupaten Bantul Yogyakarta, DO (26) warga Kabupaten Bantul Yogyakarta, SU (37) warga Kabupaten Way Kanan Provinsi Lampung, AD (40) warga Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Kepulauan Riau,  FE (38) warga Kabupaten Way Kanan Provinsi Lampung, MU (28) warga Kabupaten Grobogan, SO (36) warga Kabupaten Lampung Utara, RO (38) warga Kabupaten Way Kanan Provinsi Lampung.

Selanjutnya SI (35) warga Kabupaten Way Kanan Provinsi Lampung, ZA (28) warga Kota Bekasi Jabar, KU (22) warga Kabupaten Lampung Tengah, dan WA (24) warga Kabupaten Lampung Tengah. 

Diungkapkan Kepala Kantor Daerah Telekomunikasi Kebumen Suhadi Rusdiantoro mengungkapkan, dari peristiwa itu pihaknya sangat dirugikan sekali. Banyak pelanggan Telkom mengeluhkan adanya gangguan setelah peristiwa itu. 

(Humas Polres Kebumen)

[30/11 19:43] Darwin Humas: Kapolres Kebumen Baksos di Pondok Pesantren dan Panti Asuhan

Polres Kebumen – Tribratanews.jateng.polri.go.id |

Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan melaksanakan giat Bakti Sosial di Pondok Pesantren dan Panti Asuhan.

Pondok pesantren yang disambangi diantaranya Ponpes Al-Falah Somalangu, Al-Hasani Alian, dan Nurul Hidayah Desa Bandung Kebumen, Senin (30/11/2020).

“Kita hari ini melaksanakan giat bakti sosial membagikan beras untuk Pondok-pondok yang ada di Kebumen, dengan adanya bantuan dari Polres, diharapkan dapat sedikit membantu para Santri dan Pengasuh Pondok,” ujar Kapolres.

Pengasuh Pondok Pesantren Al-Hasani Alian Gus Fahrudin juga menyampaikan terimakasih atas bantuan yang diberikan oleh Polres Kebumen.

“Kami selaku pengasuh Pondok Pesantren Al-hasani mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan yang telah diberikan oleh bapak Kapolres langsung, semoga bantuan ini bermanfaat untuk para Santri disini,” kata Gus Fahrudin.

“Kami berharap sinergitas antara Polres Kebumen dan Pondok-pondok yang ada di Kebumen dapat terjalin terus, kami juga ingin peran santri untuk ikut menyejukkan Kabupaten Kebumen sehingga situasi selalu aman dan kondusif,” imbuhnya.

Selain di Pondok Pesantren, Kapolres juga menyambangi Panti Asuhan Yayasan Putra Mandiri Kebumen.

Kapolres menyampaiakan kepada Putra Putri di Panti Asuhan untuk tetap menjaga kesehatan dan selalu menerapkan protokol kesehatan dalam kegiatan sehari-hari.

“Adik-adik disini harus mandiri ya, jaga kesehatan tubuh dengan olahraga rutin dan jangan lupa terapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan agar kita semua terhindar dari penyakit dan selalu diberi kesehatan,” tutup Kapolres.

( Yatiman||Humas Polres Kebumen )

Admin BIN