oleh

Kaya Nutrisi! Inilah Manfaat Mengonsumsi Kelapa Wulung Untuk Kesehatan

Buletin Indonesia News.com

CIAMIS, Jabar — Kelapa muda wulung sudah sejak lama dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Namun, tidak seperti jenis kelapa lain, kelapa wulung masih sangat sulit untuk dibudidayakan karena hama pohon kelapa atau wawung sangat senang menyerang jenis pohon kelapa ini.

Kelapa merupakan salah satu buah yang memiliki banyak manfaat. Termasuk jenis kelapa satu ini yang memiliki keunikan didalam pangkalnya berwarna merah muda.

Dari luar, bentuk fisiknya memang tampak seperti kelapa biasa. Namun ketika Anda memotongnya sedikit di bagian pangkal, akan terlihat perbedaan yang mencolok dari kelapa wulung.

Jika kelapa biasa akan menampakkan warna putih pucat ketika dipotong, namun kelapa wulung memiliki warnanya sendiri, yaitu merah muda. Kelapa ini juga memiliki rasa manis dan menyegarkan.

Daging kelapanya pun memiliki rasa yang lebih manis dari pada daging kelapa muda biasanya.

Kelapa Wulung memiliki segudang kandungan nutrisi mulai dari Glukosa, Sakrosa, Protein, Karbohidrat, Serat, Tanin, Asam Amino, hingga Fruktosa.

Adapun manfaat Kelapa Wulung untuk kesehatan diantaranya :

  • Penawaran Racun

Air kelapa wulung mengandung senyawa tanin yang memiliki khasiat sebagai astringen, anti diare, anti bakteri dan antioksidan dan dapat menetralisir racun pada tubuh. Walaupun pada jenis kelapa lainnya terdapat kandungan tanin, tetapi pada kelapa wulung ini memiliki kandungan tanin yang lebih tinggi sehingga dapat lebih ampuh menetralisir racun.

  • Keseimbangan Ph Tubuh

Saat mengalami dehidrasi, tubuh biasanya akan lemas dan tidak memiliki banyak tenaga untuk melakukan suatu kegiatan akibat kekurangan cairan pada tubuh. Hal seperti ini bisa bilang berbahaya bagi kesehatan. Maka dari itu, kita perlu mengatasi hal tersebut dengan meminum air kelapa wulung. Karena air kelapa wulung mampu menyeimbangkan pH tubuh, sehingga kita dapat terhindar dari dehidrasi.

  • Melancarkan buang air kecil

Manfaat kelapa tampuk merah lainnya yang tidak kalah penting adalah dapat melancarkan buang air kecil sehingga berbagai zat sisa dan racun dapat dikeluarkan dengan lancar dari dalam tubuh. Hal ini didukung oleh sifat diuretik yang terdapat pada kelapa tampuk merah. Dengan lancarnya proses buang air kecil turut berpengaruh pada kesehatan saluran kemih sehingga terhindar dari berbagai infeksi yang berpotensi menyerang saluran kemih.

  • Menurunkan Kolesterol di Tubuh

Hal ini karena adanya kandungan berupa protein dan serat yang lebih tinggi daripada kelapa muda hijau. Melalui kandungan serat inilah yang mampu untuk memusnahkan keberadaan lemak-lemak jahat di dalam tubuh yang bisa memicu timbulnya berbagai penyakit berbahaya seperti jantung.

  • Menurunkan berat badan, mendukung program diet

Bahkan tidak sedikit orang yang menggunakan kelapa wulung ini sebagai bagian dari program untuk menurunkan berat badan.

 rasa yang manis dan menyegarkan dari air kelapa wulung ini sehingga tidak perlu menambahkan gula, sehingga dapat mendukung seseorang yang menjalankan program diet.

  • Mencegah Penuaan Dini

Kandungan nutrisi yang ada di dalam kelapa wulung ini memiliki khasiat meregenerasi sel-sel dalam tubuh lebih cepat. Sehingga, kulit yang keriput pada wajah dapat berkurang.

Dengan mengkonsumsi ini, menjadi alternatif untuk tetap menjaga wajah tetap awet muda.

  •  Menjaga kulit tetap kencang

Air kelapa serat merah juga bisa menjaga kecantikan. Di mana kekencangan kulit bisa dijaga dan membuat penampilan menjadi lebih segar. Kamu bisa rutin mengonsumsi air kelapa wulung sebagai perawatan alami.

Dan masih banyak manfaat lainnya.