oleh

Kebakaran Habiskan 20 Hektar Lahan di Gunung Penanggungan Mojokerto

Buletin Indonesia News.com

MOJOKERTO, Jatim– Kebakaran terjadi dibagian utara Gunung Penanggungan Kecamatan Ngoro, Mojokerto, Minggu (28/08/2022). Api membesar dengan mudah karena hembusan angin dan banyaknya ilalang serta rerumputan yang kering.

Kebakaran ini terjadi diduga akibat adanya api unggun yang lupa dimatikan oleh pendaki. Para relawan dan petugas Perhutani Rencana Pengelolaan Hutan (RPH) Pasuruan yang dibantu pihak TNI (Tentara Nasional Republik Indonesia) dan Polri (Polisi Republik Indonesia) memadamkan api denganmenggunakan peralatan yang ada.

Menurut keterangan Kasi Kedaruratan BPBD Kabupaten Mojokerto, Joko Supangkat, kebakaran tersebut berawal dari adanya seorang relawan yang melihat kepulan asap di puncak gunung, kemudian warga lain naik ke puncak untuk memastikan kejadian tersebut. Kebakaran ini terjadi sekitar pukul 10.00 WIB, meski sudah mencoba dipadamkan dari berbagai titik namun api tetap menjalar ke lereng lainnya.

“Kebakaran ini diketahui sejak pukul 10.00 WIB, ternyata kebakarannya di lokasi sekitar dua puluh hektare, terdiri dari padang savana rerumputan,” ujar Joko.

Joko juga mengatakan bahwa api berhasil dipadamkan setelah delapan jam, karena terjadi beberapa hambatan seperti hembusan angin dan keringnya rerumputan akibat musim kemarau.