oleh

Atlet Jawa Barat Asal Ciamis Justru Harumkan Nama Papua Dengan Perolehan Medali Emas

buletinindonesianews.com

CIAMIS, Jabar –– Kabupaten Ciamis banyak menghasilkan atlet-atlet yang berprestasi diantaranya Dhea Nazhira Nuramalina (17) atlet asal Cijantung, Kabupaten Ciamis peraih medali emas di Cabang Olahraga (Cabor) selam pada nomor 50 meter pin putri dan peraih 1 medali perunggu di nomor estafet 100 meter pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.

Dhea yang mewakili Provinsi Jawa Barat tersebut mampu mengharumkan Provinsi Jawa Barat dan Kabupaten Ciamis itu viral karena kepulangannya naik angkutan umum.

Selain Dhea, atlet Ciamis lainnya yang membawa harum Ciamis di Papua adalah Risa Setyawati (19) atlet asal Panawangan, namun sayangnya Risa dalam ajang PON XX itu mewakili Federasi Aero Sport Indonesia (Fasi) Papua bukan membela tanah kelahirannya Jabar. Risa berhasil meraih emas di Cabor Terbang Layang pada nomor perorangan precision landing kelas Schweizer SGU-22 dalam ajang PON XX Papua 2021.

Ketika dihubungi Buletin Indonesia, Jumat (15/10/2021) Chaca panggilan akrab Risa yang saat itu masih berada di Papua mengatakan bahwa dirinya merasa bahagia bisa meraih medali emas di ajang PON XX Papua 2021 dan itu merupakan pengalaman yang pertama ikut di pesta olahraga tingkat nasional.

“Pastinya sangat bahagia karena ini merupakan ajang pertama kalinya ikut PON dan ini medali emas pertama yang diraih Chaca,” katanya.

Chaca juga menjelaskan, dalam laga di PON XX tersebut dirinya mewakili kontingen tuan rumah Papua karena dari awal dia mengikuti seleksi perekrutan atlet untuk kontingen Papua. Dirinya tidak mengetahui adanya seleksi perekrutan atlet Terbang Layang untuk kontingen Jabar.

“Awalnya Chaca coba-coba ikut sekeksi atlet untuk kontingen Papua, setelah mengikuti berbagai test yang dilaksanakan di Jakarta, alhamdulillah Chaca lolos untuk membela kontingen Papua,” jelasnya.

Diakui Chaca, dirinya tidak menyangka akan menjadi seorang atlet Terbang Layang, padahal dia awalnya hanya mengikuti pelatihan dasar Paralayang di Kabupaten Ciamis.

Chaca pernah mendengar adanya seleksi perekrutan atlet Terbang Layang untuk kontingen Jabar, tetapi waktu itu dia sudah ikut seleksi Terbang Layang namun dirinya sudah mengikuti seleksi untuk kontingen Papua dan dinyatakan lolos. “Kedepannya akan terus berlatih sehingga potensi dan skill yang Chaca miliki akan terus berkembang, karena jam terbang juga sangat menentukan untuk mengasah skill,” terangnya.

Chaca berharap, di Kabupaten Ciamis makin banyak atlet yang berprestasi sehingga Ciamis lebih maju lagi dan lebih dikenal dunia, karena Ciamis memiliki banyak potensi atlet yang berprestasi. “Chaca ingin bisa ikut membela Ciamis di Cabor Terbang Layang pada ajang Porda 2022 mendatang,” harapnya.

(Nank Irawan**)

News Feed