Kelurahan Ciamis dan LPM Segera Bentuk Relawan Penanggulangan Bencana

Kelurahan Ciamis dan LPM Segera Bentuk Relawan Penanggulangan Bencana

Kelurahan Ciamis dan LPM Segera Bentuk Relawan Penanggulangan Bencana

CIAMIS, BINews.com – Menyikapi perubahan cuaca dan berbagai bencana yang terjadi akhir-akhir ini, Kelurahan Ciamis yang didukung Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Ciamis menggelar sosialisasi kebencanaan, Sabtu (14/11/2020) di Aula Kelurahan Ciamis.

Lurah Ciamis, H Ridwan

Lurah Ciamis, H Ridwan mengatakan kegiatan tersebut diikuti oleh 32 RW se-Kelurahan Ciamis, bertujuan untuk memberi pemahaman kepada masyarakat tentang bagaimana menghadapi bencana yang terjadi di lingkungannya.

“Setiap RW mengirimkan 2 orang perwakilannya, dengan pelatihan ini peserta mendapatkan ilmu kebencanaan tentang cara menghadapi bencana di wilayahnya, saya berharap setelah kegiatan ini dapat terbentuk Tim Relawan Penanggulangan Bencana Kelurahan Ciamis,” katanya.

Ridwan juga menambahkan, saat ini Kelurahan Ciamis berada di zona merah setelah beberapa orang warganya terpapar Covid-19, untuk itu dirinya menghimbau agar masyarakat harus terus mempedomani protokol kesehatan (Prokes).

“Kita harus terus mempedomani prokes, biasakan mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak untuk memutus mata rantai Covid-19 di Ciamis,” tegasnya.

Ketua LPM Kelurahan Ciamis,
Adang Sudrajat

Ketua LPM Kelurahan Ciamis, Adang Sudrajat mengungkapkan para peserta yang mengikuti kegiatan tersebut diberikan pemahaman tentang kebencanan dan kerelawana oleh narasumber yaitu ketua Tagana Kabupaten Ciamis.

“Output dari acara ini adalah para peserta dapat memahami tugas seorang relawan dalam menghadapi bencana dan akan dibentuk Tim Relawan Penanggulangan Bencana, untuk itu saya mengharapkan agar tiap RW mengirimkan dua orang untuk menjadi relawan,” jelasnya.

Adang juga menuturkan setelah terbentuk tim relawan tersebut nantinya akan diberikan pelatihan oleh Tagana maupun BPBD dalam hal kebencanaan, sehingga para relawan nantinya dapat diterjunkan bila ada bencana.

“Relawan Penanggulangan Bencana ini nantinya bisa difungsikan dalam menghadapi bencana yang ada khususnya di Kelurahan Ciamis umumnya bencana yang ada di Kabupaten Ciamis,,” ucapnya.

Sementara Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Ciamis, Ade Deni menjelaskan setelah kegiatan tersebut akan dibentuk tim Penanggulangan Bencana di Kelurahan Ciamis.

“Terkait perubahan musim di Ciamis maka dianghap perlu adanya relawan penanggulangan bencana untuk mengantisipasi bencana di Ciamis,” terangnya.

Menurut Deni, ketika ada bencana di Kelurahan Ciamis tim Penanggulangan Bencana yang telah dibentuk dapat melakukan pendataan, evakuasi dan sebagainya.

“Tidak menutup kemungkinan relawan Penanggulangan Bencana Kelurahan Ciamis ini bisa diturunkan ke daerah lain yang mengalami bencana,” paparnya.

Deni mengharapkan agar tingkat kepedulian masyarakat terhadap bencana, karena tugas penanggulangan bencana merupakan tugas bersama seuai dengan UU No. 24 Tahun 2007 tentang penanggulangan bencana.

“Penanggulangan bencana merupakan tugas berama bukan hanya pemerintah tetapi masyarakat dan dunia usaha juga harus ikut berperan dalam penanggulangan bencana tersebut,” pungkasnya.

(Nank)

Admin BIN