oleh

Kemalingan, Lansia di Bandung Tewas di Depan Rumahnya

Buletin Indonesia News.com

BANDUNG, Jabar – Pencurian terjadi di Jalan Paledang, Kelurahan Paledang, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung, pada Sabtu (0/1/2023). Pemilik rumah yang diketahui bernama Tat Mien alias Alung (65) ditemukan tidak bernyawa di depan rumahnya.

Peristiwa terjadi sekitar pukul 14.30 WIB. Sebelum kejadian, korban tengah bekerja di sebuah home industry pembuatan sarung tangan kawasan Cikawao, tidak jauh dari rumahnya. Diduga hendak mengambil barang di rumah, korban Tat Mien alias Alung pulang.

Saat tiba di depan rumah, masih dalam gang, korban terkejut melihat pintu rumahnya telah terbuka. Padahal saat ditinggalkan, rumah dalam keadaan terkunci dan tidak ada orang di rumah itu. Korban tiba-tiba pingsan dan jatuh dari motor yang masih menyala. Tidak lama kemudian, datang anak korban. Saat mendapati ayahnya tergeletak di gang, anak korban berteriak minta tolong.

Teriakan anak korban di dengar oleh warga sekitar lalu menolong mengangkat korban ke dalam rumah. Saat di dalam, warga melihat kondisi rumah berantakan. Selain itu, saat diperiksa, tubuh korban sudah dingin, selain itu, warga tidak merasakan denyut nadi. Diduga kuat korban meninggal dalam posisi telungkup dan berada dalam gang.

“Kata anaknya, rumah biasanya gak acak-acakan. Ini udah berantakan. Diduga ada pencurian,”

”Tadi ada orang depan (tetangga) bilang di depan gang itu ada dua (mengendarai) motor. Di kiri kanan jalan asa orang juga. Mungkin nunggu atau ngawasin,”

Kejadian itu lantas dilaporkan ke Polsek Lengkong. Tidak lama kemudian, petugas Unit Reskrim Polsek Lengkong , inafis, dan Satreskrim polrestabes Bandung tiba di lokasi kejadian.

“Berdasarkan olah TKP (tempat kejadian perkara), terdapat bekas congkelan di pintu rumah korban. Diduga terjadi pencurian dengan pemberatan (curhat) di rumah kosong. Ada brang berharga milik korban yang hilang, perhiasan dan uang dollar,” kata Kapolsek Lengkong Kompol Imam Zarkasih.

Kompol imam Zarkasih menyatakan, berdasarkan keterangan keluarga dan istri korban, almarhum Alung memiliki Riwayat penyakit hipertensi, kolesterol, dan diabetes.

”Jadi, korban ini terkejut saat melihat rumah sudah terbuka. Korban pigsan lalu meninggal. Korban tidak bertemu dengan para pelaku (Pencuri),” ujarnya.

Fakta tersebut sesuai dengan hasil pemeriksaan petugas inafsi Polrestabes Bandung. Di tubuh korban tidak ditemukan bekas Tindakan kekerasan, baik luka akibat senjata tajam maupun benda tumpul. Kompol Imam Zarkisah mengatakan, petugas Polsek Lengkong telah meminta keterangan dari tiga saksi, baik keluarga maupun warga sekitar.