Kemenag Ciamis : Calon Jamaah Haji Kemungkinan Gagal Berangkat Atau Divaksin

Kemenag Ciamis : Calon Jamaah Haji Kemungkinan Gagal Berangkat Atau Divaksin

(Foto Ilustrasi/Istimewa)

Buletin Indonesia News
CIAMIS,–
Berhubung tahun ini (2021_red) masih tahun pandemi Covid-19, Calon Jamaah Haji kemungkinan gagal berangkat. Hal ini diungkapkan Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji Dan Umrah pada Kementerian Agama Kabupaten Ciamis, H. Asep Lukman Hakim, S.Ag., M.SI., Saat ditemui diruang kerjanya Selasa (05/01/21) lalu.
Asep menjelaskan 3 (tiga) kemungkinan terkait pemberangkatan Calon Jamaah Haji  Ciamis (Calhaj_Red) yang berjumlah 1.093 orang yaitu bisa berangkat sesuai dengan jumlah kuota apabila wabah Covid-19 di seluruh dunia sudah berakhir, kemungkinan kedua adalah jamaah haji bisa diberangkatkan apabila sudah menjalani vaksin, dan kemungkinan kuotanya bisa 20, 30 hingga 50 persen dari total Calhaj yang bisa berangkat. Dan yang ketiga menurut Asep adalah sama sekali tidak ada keberangkatan, semua tergantung dari kebijakan Pemerintah Arab Saudi.

Kalaupun ada kemungkinan pemberangkatan Calhaj, Pemerintah tetap menerapkan protokol kesehatan dengan melakukan isolasi mandiri terlebih dahulu terhadap Calhaj, dan akan dipantau oleh pengawas yang sudah ditetapkan pemerintah, apakah Calhaj melakukan isolasi mandiri atau tidak.

“Kalau ada pemberangkatan, kemungkinan dari segi pembiayaan juga akan bertambah hingga dua kali lipat mulai dari biaya transportasi hingga akomodasi (penginapan). Bertambahnya beban biaya Calon Jamaah Haji karena penerapan Protokol Kesehatan seperti social distancing yang tetap berlaku baik dari segi transportasi maupun akomodasi. Jadi, mau tidak mau Calon Jamaah Haji harus menanggung biaya tambahan tersebut dan akan dilakukan musyawarah lebih dulu” Papar Asep.

Kementerian Agama Kabupaten Ciamis juga berharap wabah Covid-19 ini bisa segera berakhir. Dan tentunya kembali lagi dengan kesadaran masyarakat untuk tidak mengabaikan Protokol Kesehatan jika semua ingin wabah ini cepat berakhir. (Reporter : SYAHRUL)

Admin BIN