oleh

Kemendikbudristek Rilis Platform Pendidikan

Buletin Indonesia News.com

JAKARTA, DKI Jakarta — Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah merilis beberapa platform pendidikan. Setiap platform ini tampaknya sukses membantu memudahkan proses belajar pada setiap satuan pendidikan.

Kemendikbudristek sendiri memiliki beberapa platform teknologi pendidikan seperti di antaranya Merdeka Belajar, Rapor Pendidikan, Akun Belajar.id, ARKAS, TanyaBOS, SIPLah dan Kampus Merdeka. Setiap aplikasi ini memiliki fungsi masing-masing dan diperuntukkan bagi kepala sekolah, guru, mahasiswa, siswa dan juga oleh dinas pendidikan.

Berdasarkan data yang dibagikan Kemendikbudristek, persebaran pengguna ekosistem teknologi ini meliputi 364 ribu sekolah yang tersebar di 514 kabupaten dan kota dari total 435 ribu sekolah dasar, menengah, kejuruan dan PAUD. Kemudian platform ini juga digunakan oleh lebih dari 2,7 juta guru dari total 3,7 juta guru di Indonesia.

Platform teknologi oleh Kemendikbudristek

1. Merdeka Belajar

Merdeka Belajar merupakan platform yang membantu guru dalam mengajar sesuai kemampuan murid, mengakses pelatihan mandiri kapan pun dan dimana pun. Beberapa fitur dalam platform ini juga membantu guru menginspirasi rekan sejawat.

2. Rapor Pendidikan

Rapor Pendidikan merupakan dasbor tunggal dalam membantu kepala sekolah dan guru mengidentifikasi, refleksi, dan benahi kualitas sekolah. Hal ini sesuai dengan kompilasi data hasil Asesmen Nasional, Dapodik, kompetensi guru, dan berbagai data terkait pendidikan lainnya yang diolah menjadi lebih dari 280 indikator.

3. ARKAS

Arkas merupakan aplikasi tunggal tata kelola anggaran sekolah yang terintegrasi dengan data pusat dan regulasi terkini sehingga membantu Satdik dalam proses administrasi yang lebih cepat, nyaman, dan aman.

4. SIPLah

Platform resmi pengadaan satuan pendidikan yang terintegrasi dengan mitra pasar daring dan puluhan ribu penyedia barang & jasa dan diperbarui dengan peraturan keuangan terkini.

5. Akun Belajar.id

Akun resmi untuk akses berbagai program, teknologi yang dibuat oleh kemendikburistek dan platform eksternal yang mendukung proses belajar mengajar yang lebih baik. Saat ini terdapat lebih dari 9 juta akun murid, guru, kepsek, dan operator sekolah teraktivasi.

6. Kampus Merdeka

Platform persiapan karier bagi mahasiswa melalui berbagai pengalaman di luar kampus, dengan akses ke ribuan mitra industri dan organisasi, juga kesempatan mengembangkan diri dan pertukaran budaya.

7. TanyaBOS

Platform ini merupakan forum tanya jawab seputar penggunaan Dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah). Terdapat 3.000 topik yang dilayangkan dalam platform ini.