oleh

Kemenkeu Siapkan Rp 156,4 Triliun untuk Pensiunan Hingga THR PNS

Buletin Indonesia News.com

JAKARTA, — Kementerian Keuangan menyebut akan mengalokasikan anggaran sebesar Rp 156,4 triliun pada 2023 untuk pensiunan hingga berbagai jaminan bagi aparatur sipil negara (ASN) atau PNS, TNI, dan Polri.

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Isa Rachmatarwata menyampaikan, anggaran tersebut akan digunakan untuk membayar Tunjangan Hari Raya (THR), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), hingga gaji ke-13 untuk ASN.

“Akan juga diberikan untuk pemenuhan kewajiban pemerintah selaku pemberi kerja melalui pembayaran iuran Jamkes, JKK, JKM, bagi ASN, TNI, Polri,” tutur Isa saat melakukan rapat kerja bersama Badan Anggaran (Banggar) DPR RI, Selasa (20/9/2022).

Selain itu alokasi Rp 156,4 triliun juga akan digunakan untuk pemenuhan komitmen internasional melalui kontribusi pemerintah Indonesia pada organisasi atau lembaga internasional, mendukung percepatan pembangunan infrastruktur melalui penyiapan fasilitas dan dukungan kelayakan proyek skema (Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha) KPBU.

Kemudian, anggarannya juga akan digunakan untuk pembayaran biaya operasional penyelenggaraan manfaat pensiun, dan pembayaran selisih harga beras Bulog.