oleh

KemenKopUKM Siapkan 3 Program Utama untuk Hadapi Ancaman Resesi

Buletin Indonesia News.com

MALANG, Jatim- M. Riza Damanik sebagai Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM di bidang Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan berujar, Kementrian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) nantinya akan fokus kepada tiga program utama untuk memperkuat koperasi dan UMKM dalam menghadapi ancaman resesi global.

Pada tahun 2023 ini, program utama KemenKopUKM adalah mendorong pengembangan koperasi dan UMKM di sektor riil, mengembangkan kemitraan strategis dan memperkuat hilirisasi.

“KUMKM sektor riil, khususnya sektor pangan, pertanian, perikanan, peternakan, dan perkebunan menjadi unggulan domestik kita ke depan. Terbukti di tengah pandemi punya daya tahan dan mampu menyerap lapangan kerja lebih luas. Optimalisasi pasar domestik menjadi kunci,” ucap Riza mewakili Menteri Koperasi dan UKM dalam acara Seminar Nasional Ketahanan Ekonomi Nasional di Tengah Ancaman.

Selanjutnya, Riza meyebutkan poin kedua yaitu penguatan ekosistem kemitraan usaha.

“Kemitraan akan terus kami kembangkan, diantaranya menghubungkan para pelaku UMKM, petani atau nelayan misalnya, dengan akses terhadap input produksi, peningkatan kapasitas, akses pembiayaan maupun pasar,” ujarnya.

Terakhir, memperkuat hilirisasi dari produk-produk UMKM yang berbasis pada bahan baku keunggulan daerah.

“Salah satunya melalui pembangunan Rumah Produksi Bersama di beberapa daerah,” lanjutnya.

Dalam acara yang dihadiri oleh Sri Mulyani Indrawati selaku Menteri Keuangan, Riza menyebutkan keoptimisannya dalam menghadapi ancaman isu resesi ekonomi tahun ini daripada saat awal pandemi.