Ketua DPRD Ciamis dan Gema Anker Lakukan Penanaman Pohon Kawung

Ketua DPRD Ciamis dan Gema Anker Lakukan Penanaman Pohon Kawung

CIAMIS, buletinindonesianews.com –
Ketua DPRD Ciamis, Nanang Permana S.H, bersama Gerakan Masyarakat Anti Kekerasan (Gema Anker) dan Pramuka melakukan Penanaman Seribu Pohon di Desa Sukajaya, Kecamatan Rajadesa, Kabupaten Ciamis, Minggu (20/12/2020).

Nanang mengatakan kegiatan tersebut merupakan bentuk kepeduliannya terhadap lingkungan Gunung Gede sekaligus dalam rangka bulan bakti Gema Anker, adapun jenis tanaman yang ditanam adalah pohon aren dan picung.

“Sampai hari ini sudah lebih dari 200 ribu pohon aren yang sudah kami tanam di sekitar Gunung Sawal,” katanya.

Dijelaskannya, Gunung Sawal merupakan sumber air untuk  Kabupaten Ciamis, Tasikmalaya dan Pangandaran, untuk itu pihaknya melakukan penanaman untuk menghijaukan Gunung Sawal.

“Penyemaian bibit pohon aren, rencananya sampai 2021 mendatang, saya akan menyebarkan satu juta pohon aren yang akan ditanam di hulu-hulu air agar sumber air dapat terpelihara, selain itu ada keuntungan disamping menjaga sumber air, yaitu delapan tahun kemudian pohon aren bisa disadap oleh Masyarakat untuk dijadikan Gula,” jelasnya.

Hal senada diungkapkan Ketua DPC Ormas Gema Anker Kabupaten Ciamis, Ujang Haeruman menyampaikan dirinya sangat bersyukur dengan program Gema Anker dan berbagai saran, masukan serta Ide dari Ketua DPRD Ciamis yang selalu konsisten membatunya dalam penanaman pohon tersebut.

“Bibit-bibit juga murni dari kelompok yang kita bina, apabila masyarakat membutuhkan bibit untuk penghijauan insya alloh pembibitan sudah siap,” pungkasnya.

(Nank)

Admin BIN