Khawatir Menuai Polemik, Para Kades Dan Lurah Protes Terkait Kebijakan Mengeluarkan Rekomendasi Hajatan

Khawatir Menuai Polemik, Para Kades Dan Lurah Protes Terkait Kebijakan Mengeluarkan Rekomendasi Hajatan

Khawatir Menuai Polemik, Para Kades Dan Lurah Protes Terkait Kebijakan Mengeluarkan Rekomendasi Hajatan

BANJAR, buletinindonesianews.com – Para kepala Desa dan Lurah di Kecamatan Pataruman protes terhadap aturan baru Wali kota atas ijin rekomendasi hajatan yang kini harus dikeluarkan pihak Desa maupun Kelurahan.

Hal tersebut di sampaikan Camat Kecamatan Pataruman, Dedi Suryadi, di acara monitoring dan evaluasi yang dilakukan Wakil wali kota Banjar, H Nana Suryana beserta Forkopimda di teras Kecamatan Pataruman, Selasa (16/3).

Dikatakan camat, dengan adanya perubahan aturan tentang kebijakan Desa/Kelurahan untuk mengeluarkan ijin atau rekomendasi hajatan dan acara yang bersifat kerumunan dikhawatirkan akan menuai polemik antara masyarakat dan pemerintah Desa.

“Pihak Desa mengkhawatirkan aturan tersebut akan menyebabkan benturan dalam pelaksanaannya,” paparnya.

Menanggapi hal tersebut, wakil wali kota mengatakan bahwa mekanisme rekomendasi yang dikeluarkan Desa maupun Kelurahan untuk warganya sebetulnya sudah tepat.

“Rekomendasi dikeluarkan pihak Desa/Kelurahan untuk mencegah kerumunan di Satgas Kota. Selain itu, tingkat Desa lebih memahami kondisi dan situasi warganya sendiri sehingga ijin rekomendasi lebih baik diberikan oleh Desa/Kelurahan,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Nana, prosedur ijin yang harus dilakukan melalui desa sudah sesuai dengan standar dan SOP yang jelas.

“Desa dan kelurahan hanya menjalankan keputusan yang di delegasikan satgas kota,” imbuhnya.

Selain menyoroti kebijakan terkait ijin mengeluarkan rekomendasi acara, berdasarkan evaluasi Satgas kota, Kapolres Banjar AKBP Melda Yanny, S.I.K,MH dalam kesempatan tersebut meminta kepada sejumlah kepala Desa dan Kelurahan untuk mewujudkan Kampung Tangguh Lodaya.

“Kini saatnya kampung tangguh di masing-masing Desa dan Kelurahan untuk membuktikan ketangguhannya, bukan hanya sekedar ceremonial launching belaka,” harapnya.

“Dorong terus semangat masyarakat agar termotivasi mendukung program pemerintah di masa Pandemi ini dengan tangguh di segala sektor terutama untuk menekan penyebaran virus covid-19 agar tidak terjadi penambahan kasus yang signifikan,” pungkasnya. (Bayu)

Admin BIN